meriah...

acara itu akhirnya selesai dengan meriah dan penuh sukacita. siapa sangka, kegiatan yang hanya digagas dalam waktu 2 bulan dengan waktu yang dimajukan dari rencana semula bisa berlangsung dengan elegan ditambah bumbu "keramaian". saya rasa, selain ridho dari Sang Pencipta Semesta, semuanya karena kerja keras para pengusung kegiatan yang tiada henti selalu mengusahakan yang terbaik untuk kegiatan ini. ya...belum ada dokumentasi (foto maupun video) yang diunggah. karena selesai acara, masing-masing individu panitia kembali ke pekerjaannya lagi. yang ada, hanya beberapa paragraf ulasan kegiatan yang ditulis oleh panitia sebagai bagian dari pertanggungjawaban kepada para pendukung (baca: sponsor) kegiatan ini. lainnya menyusul ;).


Laporan Kegiatan Hack the Server
Oleh: Panitia Hack the Server KPLI Bogor


Hack The Server, sebuah ajang bagi para peretas (hacker) untuk berkompetisi menembus dinding pembatas dunia luar dengan dunia tempat penyimpanan berkas yang sangat penting. Acara yang diselenggarakan oleh KPLI Bogor pada tanggal 13 Nopember dihadiri oleh 63 orang peserta, ini jumlah yang fantastis karena target para panitia hanya 50 orang.


Kegiatan yang dimulai sejak Pkl 13.00 - 15.00 di lantai 2 Mall BTM ini berlangsung cukup unik. Diawali dengan kata sambutan di awal acara oleh Ramadhan Eka Hardi selaku Ketua Panitia yang kemudian dilanjutkan dengan kompetisi Hack The Server. Seluruh peserta diberikan hak akses dan lembar soal yang harus dipecahkan jawabannya. Panitia yang sudah mempersiapkan peladen (server) untuk diserang oleh para peretas yang mendaftar. Namun mereka kurang tertantang dalam acara Hack The Server, karena listrik yang sering padam meskipun sudah dijelaskan kepada pengelola Mall BTM bahwa acara ini akan menggunakan arus listrik yang cukup besar. Panitia merasa khawatir akan peladen yang disediakan oleh RimbaLinux mengalami kerusakan karena listrik yang tidak stabil, sehingga skema kegiatan diubah oleh Bapak Yanmarshus Bachtiar selaku pemandu acara kompetisi Hack The Server untuk menanyakan secara langsung kepada para peserta langkah-langkah pemecahan masalah dalam lembar soal yang telah diberikan. Satu hal yang menarik adalah dalam waktu yang relatif singkat ternyata sudah ada satu orang peserta yang sudah berhasil mendapatkan jawaban berupa nomor ip (internet protocol) dari peladen yang disediakan.


Usai kompetisi dilanjutkan dengan acara workshop Mengamankan Jaringan Dengan BlankOn yang dibawakan oleh Bapak Utian Ayuba selama 1 jam. Dengan penuh khidmat dan antusias, seluruh peserta mendengarkan materi yang disampaikan. Pendekar BlankOn ini dengan fasih menyampaikan pentingnya mengamankan jaringan yang kita miliki dengan distro BlankOn, sistem operasi bebas karya anak negeri.

Di akhir acara adalah waktu yang di tunggu-tunggu oleh seluruh peserta, yaitu pengumuman juara kompetisi Hack The Server.Pemenang Pertama mendapatkan hadiah domain + hosting + uang tunai Rp 750.000 + voucher senilai Rp 500.000,Pemenang Kedua mendapatkan hadiah domain + hosting + uang tunai Rp 500.000 + voucher senilai Rp 500.000, dan Pemenang Ketiga mendapatkan hadiah domain + hosting + uang tunai Rp 250.000 + voucher Rp 500.000. Berikut ini nama para pemenang:

Pemenang Pertama: Arif Dewantoro
Pemenang Kedua: Salman Alfarisi
Pemenang Ketiga: Alfian

Panitia Hack The Server mengucapkan terima kasih kepada para sponsor, Mall BTM, Pasar Hosting, Rimbalinux, Prima Tangguh Indonesia, Etakitu, PusatMedia, EBS, Yasmin Group, BlankOn Linux atas dukungannya. Juga kepada seluruh peserta atas keantusiasan yang ditunjukkan, untuk bisa mengikut kegiatan sampai akhir. Selamat kepada pemenang dan sampai jumpa tahun depan!

Komentar

adhan mengatakan…
waw nice report :)
buitenzorg812 mengatakan…
shankyu :).

Postingan Populer