Tampilan Terbagi ~ Notepad++

logo notepad++ (sumber wikipedia)
Mesti dah pada paham lah, apa itu notepad++. Ya? Pemahaman sederhana saya, notepad++ merupakan salah satu perangkat penyunting teks yang digunakan, utamanya, untuk menyunting berkas  pemrograman. Tentunya, lingkungan yang digunakan adalah lingkungan sistem operasi MS-Windows. Bisa saja digunakan untuk menyunting hal lain. Atau bahkan membuat berkas teks mandiri guna keperluan selain dari penulisan bahasa pemrograman.

Saya ngga' akan menjelaskan panjang lebar tentang apa dan bagaimana aplikasi ini. Yang ingin saya tuliskan di sini hanya, bagaimana membuat tampilan terbagi (split view) pada notepad++. Apa guna? Bagi saya, untuk membandingkan isi dari satu skrip (pemrograman) dengan skrip yang lain. Fungsi ini saya perlukan disaat saya ingin melihat perubahan dari skrip yang saya susun (namun memiliki kutu) dengan skrip hasil perbaikan kawan saya.

Mari kita mulai dengan gambar pertama.


Di bagian ini, kita buka berkas yang ingin kita sunting.


Setelah itu, klik kanan pada tab berkas yang ingin kita buat menjadi terbagi, tampilannya. Pada menu (sesuai gambar), pilih "Clone to Other View".


Setelah opsi tadi dipilih, notepad++ akan menampilkan tampilan seperti gambar di atas. Tampilan sudah terbagi. Dengan tampilan seperti ini, saya tinggal membandingkan bagian mana, dari skrip, yang harus diperbaiki (selanjutnya). Oia, dan jangan lupa, supaya lebih enak membandingkannya, aktifkan pilihan "Synchronize Vertical Scrolling" dan "Synchronize Horizontal Scrolling".


Fungsi ini, ketika layar kita gulung vertikal dan horisontal, maka baik tampilan skrip pada bagian kanan dan kiri akan bergerak bersamaan. Sekali lagi, hal ini memudahkan saya untuk melakukan pembandingan skrip.

Ya, itu bagi saya. Bagaimana dengan Anda? Mungkin Anda punya penyunting teks kesukaan yang lain. Jangan segan-segan untuk berbagi :).

Komentar

jacobian mengatakan…
aq lebih suka menggunakan editplus.soalnya bisa langsung di execute hasil dari program nya.bagus utk belajar java programming.
buitenzorg812 mengatakan…
Layak buat dicoba, mas. Terima kasih :).

Postingan Populer