konversi data isis ke senayan

setelah data isis kita konversi, data hasil ubahan tersebut bisa dimanfaatkan di aplikasi lain. yang paling sederhana, seperti contoh sebelumnya, bisa kita lihat pake ms-excel atau ooo spreadsheet (a.k.a. calc). atau malah, ke aplikasi yang lebih keren lagi, like...senayan atau freelib dimana untuk kasus saya, setelah hasil konversinya dirapihkan tentunya. kenapa, ternyata, hasil konversinya hancur berantakan. field lari kemana-mana. ngga' jelas ajah, waktu hasil konversi mentah2 di import ke basis data senayan (yang baru sempet dicoba ini, abisnya), inputnya berantakan. isian tiap field ngga' jelas.

anyhow...setelah melakukan sedikit retouch pada hasil konversi -- oiya, sebelum lanjut lebih jauh, ngga' semua data hasil konversi dibenerin. sebagai bahan percobaan, hanya sekitar 20 data yang diambil terus diperbaiki -- akhirnya hasil konversi bisa dengan rapih tersusun di dalam senayan. takes time memang, apalagi kalo hasil konversinya dah paling ngga'...lebih dari 100 gituh, buat merapihkan tiap field, disesuaikan dengan field senayan...10x10...cepek dech :(. but hey...it's worth the effort ;). tapi, walaupun semua data sudah terimport dengan baik, tetep butuh "sedikit" usaha lagi. hasil konversi di senayan tidak memunculkan nama pengarang. kalo melihat antar muka senayan, metode input pengarang, sedikit berbeda. jadi, harus masukin satu2 nama pengarang. more time ;).

untuk melihat field2 apa saja yang dibutuhkan untuk dbase senayan, masuk ke http://localhost/phpmyadmin (http://localhost/pma <-- kalo pake psenayan (portable senayan-red)), klik dbase senayan, klik pada biblio dan browse. maka keliatan tuh, field2 apa ajah yang ada di senayan. sesuaiin field2 hasil konversi kamu sama field senayan tersebut. oiya, sekarang, projek iseng sich, lagi bikin dbase baru di isis yang fieldnya mengacu pada field2 di senayan. koq? kenapa ngga' pake senayan sekalian? ya...iseng2 berhadiah, belajar lagi bikin dbase di winisis. belajar terus ;). hmmm...ngga' ada skrinsyut? ngga' ada sementara ini. ini juga bisa posting pake cara paling saik sedunia (dooohh...hiperbol!!!), remote desktop :D. TUX ROCKS!!! :P.

Komentar

eko mengatakan…
posting yang sangat bermanfaat mas.
buitenzorg812 mengatakan…
maturnuwun mas. moga percobaannya bisa dilanjutkeun. kemaren ngobrol sama developernya freelib, malah dia sukses migrasiin dbase isis ke freelib tanpa hambatan berarti. jadi makin tertantang :).
viekawaii mengatakan…
mas gmana cara konversi winisis ke senayan?
saya masih bingung
mohon bantuannya ya mas
thx
buitenzorg812 mengatakan…
@viekawaii, punya alamat surel? biyar saiah kirimkan manuwalnya :).
Bambang Gunadi mengatakan…
Mas, boleh minta manualnya untuk konversi data dari isis ke Senayan ya..? mohon kirim ke bbgunadi@gmail.com.. Terimakasih sebelumnya.
buitenzorg812 mengatakan…
monggo mas bambang gunadi, unduh dari sini ya :). http://w.blankon.in/j3.

Postingan Populer