Langsung ke konten utama

konversi data isis ke senayan

setelah data isis kita konversi, data hasil ubahan tersebut bisa dimanfaatkan di aplikasi lain. yang paling sederhana, seperti contoh sebelumnya, bisa kita lihat pake ms-excel atau ooo spreadsheet (a.k.a. calc). atau malah, ke aplikasi yang lebih keren lagi, like...senayan atau freelib dimana untuk kasus saya, setelah hasil konversinya dirapihkan tentunya. kenapa, ternyata, hasil konversinya hancur berantakan. field lari kemana-mana. ngga' jelas ajah, waktu hasil konversi mentah2 di import ke basis data senayan (yang baru sempet dicoba ini, abisnya), inputnya berantakan. isian tiap field ngga' jelas.

anyhow...setelah melakukan sedikit retouch pada hasil konversi -- oiya, sebelum lanjut lebih jauh, ngga' semua data hasil konversi dibenerin. sebagai bahan percobaan, hanya sekitar 20 data yang diambil terus diperbaiki -- akhirnya hasil konversi bisa dengan rapih tersusun di dalam senayan. takes time memang, apalagi kalo hasil konversinya dah paling ngga'...lebih dari 100 gituh, buat merapihkan tiap field, disesuaikan dengan field senayan...10x10...cepek dech :(. but hey...it's worth the effort ;). tapi, walaupun semua data sudah terimport dengan baik, tetep butuh "sedikit" usaha lagi. hasil konversi di senayan tidak memunculkan nama pengarang. kalo melihat antar muka senayan, metode input pengarang, sedikit berbeda. jadi, harus masukin satu2 nama pengarang. more time ;).

untuk melihat field2 apa saja yang dibutuhkan untuk dbase senayan, masuk ke http://localhost/phpmyadmin (http://localhost/pma <-- kalo pake psenayan (portable senayan-red)), klik dbase senayan, klik pada biblio dan browse. maka keliatan tuh, field2 apa ajah yang ada di senayan. sesuaiin field2 hasil konversi kamu sama field senayan tersebut. oiya, sekarang, projek iseng sich, lagi bikin dbase baru di isis yang fieldnya mengacu pada field2 di senayan. koq? kenapa ngga' pake senayan sekalian? ya...iseng2 berhadiah, belajar lagi bikin dbase di winisis. belajar terus ;). hmmm...ngga' ada skrinsyut? ngga' ada sementara ini. ini juga bisa posting pake cara paling saik sedunia (dooohh...hiperbol!!!), remote desktop :D. TUX ROCKS!!! :P.

Komentar

Anonim mengatakan…
posting yang sangat bermanfaat mas.
maturnuwun mas. moga percobaannya bisa dilanjutkeun. kemaren ngobrol sama developernya freelib, malah dia sukses migrasiin dbase isis ke freelib tanpa hambatan berarti. jadi makin tertantang :).
viekawaii mengatakan…
mas gmana cara konversi winisis ke senayan?
saya masih bingung
mohon bantuannya ya mas
thx
@viekawaii, punya alamat surel? biyar saiah kirimkan manuwalnya :).
Bambang Gunadi mengatakan…
Mas, boleh minta manualnya untuk konversi data dari isis ke Senayan ya..? mohon kirim ke bbgunadi@gmail.com.. Terimakasih sebelumnya.
monggo mas bambang gunadi, unduh dari sini ya :). http://w.blankon.in/j3.

Postingan populer dari blog ini

The Great Raid

Udah pernah nonton film yang satu ini? Bagi penggemar film2 action terutama film2 perang dunia ke-2, anda harus nonton film ini. Film ini nyeritain tentang PDII yang terjadi di Asia Pasifik. Buat gue, film ini menambah wawasan tentang kekejaman PDII yang terjadi ngga' hanya di belahan Eropa sana (perang lawan Jerman), tapi juga di kawasan Asia-Pasifik (perang lawan Jepang), CMIIW. Perang di Asia-Pasifik juga ngga' kalah ganasnya dengan yang terjadi di Eropa. Terutama kalo ngeliat perlakuan tentara Jepang terhadap POWs (Prisoner of Wars-red). Film ini mengisahkan tentang pembebasan 500 (sebenernya 512) orang tawanan perang di Camp Cabanatuan yang telah menjadi tawanan selama 3 tahun. Operasi pembebasan ini diinisiasi oleh 6th Army Rangers Batallion, yang dipimpin oleh Letkol Henry Mucci. Untuk strategi diserahkan kepada Kapt. Robert Prince, yang kalo menurut gue, strategi penyerangan dan pembebasan yang luar biasa. Hampir ngga' ada kesalahan, bersiihhh...!!! Kesalahan yang t

Tampilan Terbagi ~ Notepad++

logo notepad++ (sumber wikipedia) Mesti dah pada paham lah, apa itu notepad++ . Ya? Pemahaman sederhana saya, notepad++ merupakan salah satu perangkat penyunting teks yang digunakan, utamanya, untuk menyunting berkas  pemrograman. Tentunya, lingkungan yang digunakan adalah lingkungan sistem operasi MS-Windows. Bisa saja digunakan untuk menyunting hal lain. Atau bahkan membuat berkas teks mandiri guna keperluan selain dari penulisan bahasa pemrograman. Saya ngga' akan menjelaskan panjang lebar tentang apa dan bagaimana aplikasi ini. Yang ingin saya tuliskan di sini hanya, bagaimana membuat tampilan terbagi ( split view ) pada notepad++. Apa guna? Bagi saya, untuk membandingkan isi dari satu skrip (pemrograman) dengan skrip yang lain. Fungsi ini saya perlukan disaat saya ingin melihat perubahan dari skrip yang saya susun (namun memiliki kutu) dengan skrip hasil perbaikan kawan saya. Mari kita mulai dengan gambar pertama. Di bagian ini, kita buka berkas yang ingin kita su

Add new admin user without adding role - SLiMS Short Tutorial

Tulisan ini berisi cara singkat bekerja dengan SLiMS, suatu aplikasi otomatisasi perpustakaan yang dapat diunduh dan dipelajari lewat situs https://slims.web.id . Kali ini akan menjelaskan, apa efeknya apabila kita membuat akun pengguna laman Admin tanpa menambahkan fungsi untuk pengguna tersebut. Fungsi untuk pengguna dapat didefinisikan terlebih dahulu via modul System sub-menu User Group . Yang terjadi, apabila kita membuat pengguna laman admin tanpa menambahkan fungsi kerjanya, seperti yang terlihat pada gambar di atas. Tidak ada modul yang dapat diakses, karena akun pengguna tersebut tidak "ditugaskan" untuk mengakses modul. Setelah mendefinisikan fungsi kerja, jangan lupa dicentang ketika membuat akun pengguna laman Admin. Seperti ditunjukkan pada bagian yang ter- highlight  pada gambar di atas. Setelah itu, dapat dipastikan, akun pengguna tersebut dapat mengakses modul-modul yang telah ditetapkan berdasarkan fungsi kerja yang dibuat. Semoga berma