clamtk

mungkin banyak yang udah kenal sama aplikasi satu ini. clamtk, front-end untuk clamav. apa itu clamav...kalo kata sudo aptitude show clamav, clamav itu...antivirus. utilitas antivirus untuk unix.

linux masih perlu antivirus? ya...menurut saiah, ngga' ada salahnya masang antivirus di linux. pilihannya bervariasi. ada avg, ada avast. avast dan avg sudah pernah saiah coba. namun apa daya, buat saiah, kurang memuaskan. kenapa kurang memuaskan, setelah beberapa lama, proses update-nya cenderung terjadi kesalahan.

oija, kembali ke kenapa linux perlu antivirus. jawabannya klasik, karena kita ngga' pengen kotak linux kita jadi "tempat penyimpanan" virus. walopun secara fisik, file yang berisi virus keliatan saat kita menelusur di nautilus misalnya, tapi tidak ada yang bisa dilakukan sama si virus di dalam kotak linux yang kita gunakan.

kenapa "tempat penyimpanan"? memang si virus tidak bisa berbuat apa2 di dalam kotak linux kita, tapi bayangkan apa jadinya, kalo kotak linux kita terhubung ke jaringan, jaringan area lokal misalnya, dan terjadi transaksi data dari kotak linux kita ke kotak sistem operasi lainnya yang rentan akan serangan virus. bisa jadi, kotak linux kita dianggap sebagai biang kerok karena kerjaannya nyebarin virus.

kembali ke pembahasan clamtk, sebetulnya tanpa menggunakan avast dan atau avg, sudah ada antivirus yang pada dasarnya diperuntukkan untuk linux, cmiiw. ya clamav itu namanya. selama ini saiah memutuskan untuk ngga' make clamav karena masalah sederhana, segala sesuatunya harus dilakukan dari terminal. ya...walaupun sebetulnya bukan sesuatu yang prinsipil, tapi...untuk aplikasi yang satu ini, entah kenapa, saiah pikir akan lebih bagus kalo ada aplikasi gui-nya.

tapi akhirnya, keputusan itu berubah setelah saiah menemukan clamtk. walaupun tampilannya sederhana, tidak "secanggih" tampilan avast dan atau avg, sudah sangat cukup lah. apalagi kalo tujuan kita install antivirus di kotak linux kita seperti yang sudah saiah sebutkan sebelumnya.

clamtk tersedia di repositorinya ubuntu. tapi biasanya bukan versi terbaru. untuk mengunduh versi terbarunya clamtk, silahkan unduh di http://clamtk.sourceforge.net/. berikut tangkapan clamtk yang ada di kotak linux saiah.

 

 

menurut http://intipadi.com/download-clamtk-gui-front-end-untuk-clamav, yang perlu dilakukan adalah pasang clamav dan pasang clamtk. itu dia, selesai. dengan begitu, kita bisa tetap menjaga kotak linux kita bersih dari file2 bervirus yang tidak kita inginkan yang mungkin secara ngga' sengaja masuk ke kotak linux kita :).

Komentar

andri nawawi mengatakan…
Dulu juga udah pernah install avast maupun clamav, tapi kesininya males, ngga pernah lagi saya pasang.

Lha wong di lepi saya yang windows aja sering ngga saya pasangi anti virus, terakhir malah yang install av di lepi temen saja, ama dia diinstall smadav, hehehe
buitenzorg812 mengatakan…
sahaya juga berfikir sama seperti om. penemuan akan clamtk, membuat saiah berfikir ulang. buat saiah, sekedar nyiapin payung sebelum ujan om :).
yusra mengatakan…
clamtk....
hem, walaupun ubuntu ga kenal ma virus,
perlu juga tuch buat bersihin kompie dari virus yang secara tidak sengaja bersarang.
juga untuk menolong membersihkan fd temen yang kebetulan banyak virusnya...
kan lumayan dapet pahala dari menolong orang lain...
:)
buitenzorg812 mengatakan…
@yusra, betul sekali bos. secara ngga' langsung antivirus yang kita pakek berguna juga buat orang lain :D. semangat ah...
yulianti mengatakan…
thanx buat infonya :D
http://yuliantip06.student.ipb.ac.id
buitenzorg812 mengatakan…
@yulianti, kembali thanx :). semoga bermanfaat.
Koje mengatakan…
Thanks yap buat infonya...!
Tapi linux saya gak pake AntiVirus :)
Patut dicoba nih... Hehehe.. Thanks :)
http://ekos06.student.ipb.ac.id
buitenzorg812 mengatakan…
@koje, sama2. blankon saiah juga ngga' dipasangin antivirus koq :). itu dipasangin di ubuntu buat jaga2 ajah. saiah yakin kalo kotak linux kita ngga' akan (mudah) disusupi linux. sekali lagi, sedia payung sebelum hujan ;).
chai mengatakan…
antivirus ini hanya bisa jalan di linux apa ada yang versi bwat windowsnya juga?
buitenzorg812 mengatakan…
@chai, clamtka merupakan front-end untuk clamav, aplikasi antivirusnya. sayangnya clamtk hanya tersedia untuk linux. sedangkan clamav, tersedia juga untuk windows, ini tautannya, http://goo.gl/Wv9M. semoga membantu :).
utari mengatakan…
tdnya baca judulnya bingung, clamtka teh naon..hehe
makasih infonya.
.salam kenal
buitenzorg812 mengatakan…
@utari, jangan cuma baca judulnya. tulisan lainnya juga dibaca donq ;). salam kenal jugak yach.

Postingan Populer