Langsung ke konten utama

clamtk

mungkin banyak yang udah kenal sama aplikasi satu ini. clamtk, front-end untuk clamav. apa itu clamav...kalo kata sudo aptitude show clamav, clamav itu...antivirus. utilitas antivirus untuk unix.

linux masih perlu antivirus? ya...menurut saiah, ngga' ada salahnya masang antivirus di linux. pilihannya bervariasi. ada avg, ada avast. avast dan avg sudah pernah saiah coba. namun apa daya, buat saiah, kurang memuaskan. kenapa kurang memuaskan, setelah beberapa lama, proses update-nya cenderung terjadi kesalahan.

oija, kembali ke kenapa linux perlu antivirus. jawabannya klasik, karena kita ngga' pengen kotak linux kita jadi "tempat penyimpanan" virus. walopun secara fisik, file yang berisi virus keliatan saat kita menelusur di nautilus misalnya, tapi tidak ada yang bisa dilakukan sama si virus di dalam kotak linux yang kita gunakan.

kenapa "tempat penyimpanan"? memang si virus tidak bisa berbuat apa2 di dalam kotak linux kita, tapi bayangkan apa jadinya, kalo kotak linux kita terhubung ke jaringan, jaringan area lokal misalnya, dan terjadi transaksi data dari kotak linux kita ke kotak sistem operasi lainnya yang rentan akan serangan virus. bisa jadi, kotak linux kita dianggap sebagai biang kerok karena kerjaannya nyebarin virus.

kembali ke pembahasan clamtk, sebetulnya tanpa menggunakan avast dan atau avg, sudah ada antivirus yang pada dasarnya diperuntukkan untuk linux, cmiiw. ya clamav itu namanya. selama ini saiah memutuskan untuk ngga' make clamav karena masalah sederhana, segala sesuatunya harus dilakukan dari terminal. ya...walaupun sebetulnya bukan sesuatu yang prinsipil, tapi...untuk aplikasi yang satu ini, entah kenapa, saiah pikir akan lebih bagus kalo ada aplikasi gui-nya.

tapi akhirnya, keputusan itu berubah setelah saiah menemukan clamtk. walaupun tampilannya sederhana, tidak "secanggih" tampilan avast dan atau avg, sudah sangat cukup lah. apalagi kalo tujuan kita install antivirus di kotak linux kita seperti yang sudah saiah sebutkan sebelumnya.

clamtk tersedia di repositorinya ubuntu. tapi biasanya bukan versi terbaru. untuk mengunduh versi terbarunya clamtk, silahkan unduh di http://clamtk.sourceforge.net/. berikut tangkapan clamtk yang ada di kotak linux saiah.

 

 

menurut http://intipadi.com/download-clamtk-gui-front-end-untuk-clamav, yang perlu dilakukan adalah pasang clamav dan pasang clamtk. itu dia, selesai. dengan begitu, kita bisa tetap menjaga kotak linux kita bersih dari file2 bervirus yang tidak kita inginkan yang mungkin secara ngga' sengaja masuk ke kotak linux kita :).

Komentar

andri nawawi mengatakan…
Dulu juga udah pernah install avast maupun clamav, tapi kesininya males, ngga pernah lagi saya pasang.

Lha wong di lepi saya yang windows aja sering ngga saya pasangi anti virus, terakhir malah yang install av di lepi temen saja, ama dia diinstall smadav, hehehe
sahaya juga berfikir sama seperti om. penemuan akan clamtk, membuat saiah berfikir ulang. buat saiah, sekedar nyiapin payung sebelum ujan om :).
yusra mengatakan…
clamtk....
hem, walaupun ubuntu ga kenal ma virus,
perlu juga tuch buat bersihin kompie dari virus yang secara tidak sengaja bersarang.
juga untuk menolong membersihkan fd temen yang kebetulan banyak virusnya...
kan lumayan dapet pahala dari menolong orang lain...
:)
@yusra, betul sekali bos. secara ngga' langsung antivirus yang kita pakek berguna juga buat orang lain :D. semangat ah...
yulianti mengatakan…
thanx buat infonya :D
http://yuliantip06.student.ipb.ac.id
@yulianti, kembali thanx :). semoga bermanfaat.
Koje mengatakan…
Thanks yap buat infonya...!
Tapi linux saya gak pake AntiVirus :)
Patut dicoba nih... Hehehe.. Thanks :)
http://ekos06.student.ipb.ac.id
@koje, sama2. blankon saiah juga ngga' dipasangin antivirus koq :). itu dipasangin di ubuntu buat jaga2 ajah. saiah yakin kalo kotak linux kita ngga' akan (mudah) disusupi linux. sekali lagi, sedia payung sebelum hujan ;).
chai mengatakan…
antivirus ini hanya bisa jalan di linux apa ada yang versi bwat windowsnya juga?
@chai, clamtka merupakan front-end untuk clamav, aplikasi antivirusnya. sayangnya clamtk hanya tersedia untuk linux. sedangkan clamav, tersedia juga untuk windows, ini tautannya, http://goo.gl/Wv9M. semoga membantu :).
utari mengatakan…
tdnya baca judulnya bingung, clamtka teh naon..hehe
makasih infonya.
.salam kenal
@utari, jangan cuma baca judulnya. tulisan lainnya juga dibaca donq ;). salam kenal jugak yach.

Postingan populer dari blog ini

The Great Raid

Udah pernah nonton film yang satu ini? Bagi penggemar film2 action terutama film2 perang dunia ke-2, anda harus nonton film ini. Film ini nyeritain tentang PDII yang terjadi di Asia Pasifik. Buat gue, film ini menambah wawasan tentang kekejaman PDII yang terjadi ngga' hanya di belahan Eropa sana (perang lawan Jerman), tapi juga di kawasan Asia-Pasifik (perang lawan Jepang), CMIIW. Perang di Asia-Pasifik juga ngga' kalah ganasnya dengan yang terjadi di Eropa. Terutama kalo ngeliat perlakuan tentara Jepang terhadap POWs (Prisoner of Wars-red). Film ini mengisahkan tentang pembebasan 500 (sebenernya 512) orang tawanan perang di Camp Cabanatuan yang telah menjadi tawanan selama 3 tahun. Operasi pembebasan ini diinisiasi oleh 6th Army Rangers Batallion, yang dipimpin oleh Letkol Henry Mucci. Untuk strategi diserahkan kepada Kapt. Robert Prince, yang kalo menurut gue, strategi penyerangan dan pembebasan yang luar biasa. Hampir ngga' ada kesalahan, bersiihhh...!!! Kesalahan yang t

Tampilan Terbagi ~ Notepad++

logo notepad++ (sumber wikipedia) Mesti dah pada paham lah, apa itu notepad++ . Ya? Pemahaman sederhana saya, notepad++ merupakan salah satu perangkat penyunting teks yang digunakan, utamanya, untuk menyunting berkas  pemrograman. Tentunya, lingkungan yang digunakan adalah lingkungan sistem operasi MS-Windows. Bisa saja digunakan untuk menyunting hal lain. Atau bahkan membuat berkas teks mandiri guna keperluan selain dari penulisan bahasa pemrograman. Saya ngga' akan menjelaskan panjang lebar tentang apa dan bagaimana aplikasi ini. Yang ingin saya tuliskan di sini hanya, bagaimana membuat tampilan terbagi ( split view ) pada notepad++. Apa guna? Bagi saya, untuk membandingkan isi dari satu skrip (pemrograman) dengan skrip yang lain. Fungsi ini saya perlukan disaat saya ingin melihat perubahan dari skrip yang saya susun (namun memiliki kutu) dengan skrip hasil perbaikan kawan saya. Mari kita mulai dengan gambar pertama. Di bagian ini, kita buka berkas yang ingin kita su

Add new admin user without adding role - SLiMS Short Tutorial

Tulisan ini berisi cara singkat bekerja dengan SLiMS, suatu aplikasi otomatisasi perpustakaan yang dapat diunduh dan dipelajari lewat situs https://slims.web.id . Kali ini akan menjelaskan, apa efeknya apabila kita membuat akun pengguna laman Admin tanpa menambahkan fungsi untuk pengguna tersebut. Fungsi untuk pengguna dapat didefinisikan terlebih dahulu via modul System sub-menu User Group . Yang terjadi, apabila kita membuat pengguna laman admin tanpa menambahkan fungsi kerjanya, seperti yang terlihat pada gambar di atas. Tidak ada modul yang dapat diakses, karena akun pengguna tersebut tidak "ditugaskan" untuk mengakses modul. Setelah mendefinisikan fungsi kerja, jangan lupa dicentang ketika membuat akun pengguna laman Admin. Seperti ditunjukkan pada bagian yang ter- highlight  pada gambar di atas. Setelah itu, dapat dipastikan, akun pengguna tersebut dapat mengakses modul-modul yang telah ditetapkan berdasarkan fungsi kerja yang dibuat. Semoga berma