Langsung ke konten utama

Press Release BlanKonf 2009


Bogor, 15 Juni 2009

Bogor Jadi Tuan Rumah Konferensi Pengembangan Linux BlankOn Pertama di Dunia

Para pengembang, pengguna, dan pendukung Linux BlankOn dari berbagai kota di Indonesia akan berkumpul di Bogor, 20-21 Juni 2009, dalam acara Konferensi BlankOn 2009. Komunitas Linux Bogor yang diwakili KPLI Bogor dan Himakom Universitas Pakuan Bogor bertindak sebagai tuan rumah acara besar pertama yang baru pertama kali diadakan di dunia ini. Nara sumber konferensi ini adalah para pengembang BlankOn yang berasal dari berbagai kota dengan berbagai latar belakang mulai dari pelajar SMA, guru sekolah, programmer, desain grafis, administrator jaringan komputer dan profesional IT lainnya, penulis IT, aktivis LSM, dan pengusaha bidang IT di Indonesia.

Acara ini diinisiasi oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dengan dukungan dari Komunitas Pengembang BlankOn, Komunitas Pengguna Linux Indonesia, Bogor (KPLI Bogor) serta Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer Universitas Pakuan, Bogor (Himakom Unpak).

Konferensi yang diselenggarakan selama 2 hari ini akan diisi oleh berbagai presentasi, diskusi panel serta sesi tutorial yang harapannya dapat memberikan pengertian kepada khalayak tentang bagaimana proses membuat, mengembangkan, serta memelihara suatu distribusi Linux. Pada sesi keynote, ada Adrianus Yoza Aprilio, seorang pelajar dari SMAK Kolese Santo Yusup, Malang, yang akan berbicara tentang perlunya partisipasi pelajar pada pengembangan BlankOn Linux. Beliau adalah bagian dari Tim Rilis BlankOn Linux. Akhmat Safrudin, salah seorang pengembang aktif dari Yayasan Air Putih juga akan berbicara mengenai pengembangan BlankOn lebih mendalam. Rusmanto dari InfoLinux akan berbicara mengenai model pendanaan dan model bisnis distro Linux. Kita akan belajar, dari distro Linux yang bebas diperoleh, dapat juga diperoleh keuntungan finansial.

Pada sesi presentasi, Imron Fauzi dari Yayasan Air Putih akan menjabarkan tentang pemanfaatan teknologi assistive pada BlankOn Linux untuk membantu tuna netra dan buta huruf. Selanjutnya ada M. Hansen Tanjung, berbicara mengenai high availability server dengan BlankOn. M. Hansen Tanjung atau lebih dikenal dengan sebutan mht merupakan pengembang BlankOn dari Tim Bug dan Tester. Lalu Andika Triwidada yang menjadi hostmaster Tim Infrastruktur BlankOn akan memaparkan pelajaran yang dipetik dari hosting server pengembangan distro.

Berlanjut ke sesi diskusi panel yang terbagi ke dalam dua jalur. Kedua jalur tersebut akan berjalan paralel, sehingga peserta konferensi dapat memilih topik mana yang akan diikuti. Hal ini dilakukan karena ada banyak sesi diskusi panel yang akan dibahas. Proyek Srimubil, Mobile BlankOn, yang akan membahas mengenai implementasi BlankOn pada perangkat-perangkat bergerak seperti PDA, telepon genggam, dimoderatori oleh Mohammad Anwari, seorang putra Indonesia yang berkarir di salah satu produsen telepon genggam ternama di Finlandia. Juga ada diskusi mengenai pemasaran BlankOn, yang berbicara tentang bagaimana kita bisa menjual BlankOn kepada pihak-pihak yang membutuhkan dukungan FOSS. Sesi diskusi ini akan diisi oleh Saatul Ihsan. Sesi lainnya, kesenian dan artwork pada BlankOn yang akan diisi oleh Ali Kusnadi, seorang desainer grafis yang hasil karyanya selalu tercantum pada setiap rilis. Sedangkan untuk sesi diskusi tentang pelatihan tim infrastruktur, akan diisi oleh Andy Apdhani dari Tim Pengembang BlankOn.

Pada sesi tutorial, Farhan Perdana dari NTB akan mengisi sesi pembuatan boot menu dan usplash BlankOn. Sedangkan sesi pengenalan dan pembuatan GDM BlankOn akan diisi oleh Muhidin, seorang guru sekolah yang juga aktif sebagai Tim Pengembang BlankOn. Lalu sesi pengenalan paket Debian yang akan diisi oleh Putu Wiramaswara, pelajar SMA dari Klungkung Bali.

Tujuan Utama BlanKonf:

► Menjadi ajang temu pengembang, pemasar, dan pengguna BlankOn.
► Membahas fitur BlankOn selanjutnya yang akan dirilis bulan November 2009.
► Memamerkan fitur yang sedang dikerjakan.

Tentang BlankOn

BlankOn adalah distro Linux yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) secara terbuka dan gotong-royong bersama komunitas Linux lainnya di Indonesia. BlankOn 5.0 yang berbasis distro Linux Ubuntu 9.04 ini dikembangkan YPLI bersama komunitas Ubuntu Indonesia.

YPLI adalah organisasi nonprofit yang bergerak dalam pengembangan software dan sumber dayamanusia di bidang Linux, Free Software, dan Open Source Software (FOSS) di Indonesia. Pengembangan BlankOn 5.0 ini disponsori oleh badan dunia PBB di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) dan beberapa lembaga di Indonesia.

Tentang BlanKonf

BlanKonf adalah konferensi tahunan yang diadakan pengembang, pengguna, dan pemasar sistem operasi BlankOn. Konferensi ini meliputi penyajian presentasi dan kegiatan teknis seputar pengembangan BlankOn.

Presentasi mencakup pengembangan yang sedang dilakukan Tim BlankOn, visi BlankOn masa depan, dan kisah sukses penggunaan BlankOn. Penyaji presentasi beragam mulai dari kalangan pengembang hingga pemerintahan dan perusahaan.

Selain itu, pihak-pihak yang berminat memengaruhi perkembangan BlankOn juga dapat memanfaatkan konferensi ini untuk menyampaikan hal-hal yang ingin diimplementasikan dalam proyek BlankOn.

Informasi lebih lanjut tentang BlanKonf 2009 dapat dilihat di http://konf.blankonlinux.or.id.

Kontak:

Arif Syamsudin : 0815 1080 9944
Ruth Marya : 0251 95 085 20

Komentar

annosmile mengatakan…
semoga acaranya sukses mas
makasih brow :).
Andy MSE mengatakan…
wah... pengin ikutan, banyak nama-nama di atas saya kenal dengan baik...
sayangnya domisili saya cukup jauh, ditunggu reportase-nya mas!
salam sukses
okay mas :). semoga kesempatan berikutnya mas Andy bisa berpartisipasi.
Andika Triwidada mengatakan…
menunggu foto2 hari ke-2
Anonim mengatakan…
ada teman yang baru terima shipit ubuntu 9.04. terus langsung dikasih ke saya...

harus banyak belajar nich kayaknya...
@andika, mohon bersabar yach pak. lagi dikumpulkan nich :)
@itempoeti, sip bos. jangan segan2 buat berdiskusi, baik disini maupun di milis kalo ada yang ingin didiskusikan :). tetap semangat yach *untuk indonesia yang lebih baik*
olanuxer mengatakan…
jangan lupa foto hari ke 2 di publish ya bos, kalo bisa sekalian sama videonya biar kita bisa donlot dari sini.
thanks atas kerja kerasnya
@pak olan, okay pak. lagi dipilah-pilah. sebagian foto dari panitia, untuk hari pertama dah diaplot disini, http://bogor.linux.or.id/files/foto/BlanKonf_20210609/ . semoga membantu :).
amri mengatakan…
meskipun telat, saya komen ah.. :D
@amri, halah, dasar mudasir! :P. makasih buat komengnya sob :).

Postingan populer dari blog ini

The Great Raid

Udah pernah nonton film yang satu ini? Bagi penggemar film2 action terutama film2 perang dunia ke-2, anda harus nonton film ini. Film ini nyeritain tentang PDII yang terjadi di Asia Pasifik. Buat gue, film ini menambah wawasan tentang kekejaman PDII yang terjadi ngga' hanya di belahan Eropa sana (perang lawan Jerman), tapi juga di kawasan Asia-Pasifik (perang lawan Jepang), CMIIW. Perang di Asia-Pasifik juga ngga' kalah ganasnya dengan yang terjadi di Eropa. Terutama kalo ngeliat perlakuan tentara Jepang terhadap POWs (Prisoner of Wars-red). Film ini mengisahkan tentang pembebasan 500 (sebenernya 512) orang tawanan perang di Camp Cabanatuan yang telah menjadi tawanan selama 3 tahun. Operasi pembebasan ini diinisiasi oleh 6th Army Rangers Batallion, yang dipimpin oleh Letkol Henry Mucci. Untuk strategi diserahkan kepada Kapt. Robert Prince, yang kalo menurut gue, strategi penyerangan dan pembebasan yang luar biasa. Hampir ngga' ada kesalahan, bersiihhh...!!! Kesalahan yang t

Tampilan Terbagi ~ Notepad++

logo notepad++ (sumber wikipedia) Mesti dah pada paham lah, apa itu notepad++ . Ya? Pemahaman sederhana saya, notepad++ merupakan salah satu perangkat penyunting teks yang digunakan, utamanya, untuk menyunting berkas  pemrograman. Tentunya, lingkungan yang digunakan adalah lingkungan sistem operasi MS-Windows. Bisa saja digunakan untuk menyunting hal lain. Atau bahkan membuat berkas teks mandiri guna keperluan selain dari penulisan bahasa pemrograman. Saya ngga' akan menjelaskan panjang lebar tentang apa dan bagaimana aplikasi ini. Yang ingin saya tuliskan di sini hanya, bagaimana membuat tampilan terbagi ( split view ) pada notepad++. Apa guna? Bagi saya, untuk membandingkan isi dari satu skrip (pemrograman) dengan skrip yang lain. Fungsi ini saya perlukan disaat saya ingin melihat perubahan dari skrip yang saya susun (namun memiliki kutu) dengan skrip hasil perbaikan kawan saya. Mari kita mulai dengan gambar pertama. Di bagian ini, kita buka berkas yang ingin kita su

Add new admin user without adding role - SLiMS Short Tutorial

Tulisan ini berisi cara singkat bekerja dengan SLiMS, suatu aplikasi otomatisasi perpustakaan yang dapat diunduh dan dipelajari lewat situs https://slims.web.id . Kali ini akan menjelaskan, apa efeknya apabila kita membuat akun pengguna laman Admin tanpa menambahkan fungsi untuk pengguna tersebut. Fungsi untuk pengguna dapat didefinisikan terlebih dahulu via modul System sub-menu User Group . Yang terjadi, apabila kita membuat pengguna laman admin tanpa menambahkan fungsi kerjanya, seperti yang terlihat pada gambar di atas. Tidak ada modul yang dapat diakses, karena akun pengguna tersebut tidak "ditugaskan" untuk mengakses modul. Setelah mendefinisikan fungsi kerja, jangan lupa dicentang ketika membuat akun pengguna laman Admin. Seperti ditunjukkan pada bagian yang ter- highlight  pada gambar di atas. Setelah itu, dapat dipastikan, akun pengguna tersebut dapat mengakses modul-modul yang telah ditetapkan berdasarkan fungsi kerja yang dibuat. Semoga berma