wordpress - the beginning


baru2 ini akhirnya menyempatkan diri buat maen2 lagi sama cms ini. wordpress. abis pilih2 theme, terus berlanjut ke edit2 theme. pas edit2 theme, ada kalimat yang cukup ganggu, "If this file were writable you could edit it". apa pula ini? ya...tulisan ini yang menghalangi gue untuk bisa ngedit theme. tanya punya tanya (maturnuhun buat om suprie :)), akhirnya bisa dech.

awalnya, waktu tanya sama om gugel, solusinya chmod direktori wp-content ke 755. setelah dicoba, beuh...ngga' bisa :P. bingung, coba tanya2 ke om suprie, beliau menyarankan untuk merubah kepemilikan si direktori wordpress ke...siapa...ngga' tau khan? iya...gue juga ngga' tau ternyata, hahahahaha...! saran beliau, coba liat kepemilikan si htdocs pake:

$ ls -l

syaratnya, kita sudah ada di dalam direktori dimana si htdocs berada. dalam kasus gue, /opt/lampp/htdocs. nanti akan terlihat, direktori htdocs ada dibawah siapa. okay setelah ketauan siapa pemiliknya, kita rubah kepemilikan si wordpress yang ada di dalem direktori /opt/lampp/htdocs pake:

$ sudo chown -R nobody wordpress

tentunya, kita sudah ada di dalam direktori /opt/lampp/htdocs. kalo ngga', ketikin path lengkap si direktori htdocs. ganti kepemilikan udah terus...gue refresh dech halaman admin dimana gue ngedit theme wordpress. akhirnya...bisa diedit, tandanya:



demikian. menyenangkan bermain bersama wordpress ;).

Komentar

maliky mengatakan…
thanks for the code!
i don't know what language you speak, but i understood that much.
it worked for me too.
buitenzorg812 mengatakan…
thank you for coming by, bro. am glad can help :).
Arnas mengatakan…
salam kenal
bung arif saya masih bigung cara untuk merubah kepemilikan si direktori, bisa di jelaskan lagi untuk orang awam. saya masih bigung dengan penjelesan bung arif.
terima kasih
buitenzorg812 mengatakan…
@arnas: saya sendiri dah hampir lupa :). tapi saya coba urek2 lagi. gini, untuk melihat kepemilikan direktori, cukup ketikan command $ ls -l. nanti akan terlihat apakah dia root ataw bukan. kalo untuk kasus wordpress saya, ownershipnya seharusnya nobody, tapi yang tertera, malah buitenzorg812. -R itu artinya recursive. dengan perintah tersebut, semua komponen yang ada di dalam folder wordpress otomatis kepemilikannya juga akan ikut ke nobody. moga bisa memberi kejelasan :).

Postingan Populer