PSenayan 7 Cendana Unable to Access Database with PHPMyAdmin

Jadi begini, saya sudah pernah menjelaskan dalam tulisan saya sebelumnya, bahwa apabila Anda, pengguna SLiMS/Senayan portabel dan mengalami kesulitan dalam mengakses pangkalan data menggunakan PHPMyAdmin, maka cara yang dilakukan adalah dengan mengubah konfigurasi porta yang digunakan oleh MySQL.

Dalam hal modifikasi porta, SLiMS/Senayan Portabel menggunakan porta 3404 untuk aplikasi pslims dan porta 3307 untuk aplikasi psenayan. Perubahan porta ini dilakukan untuk mengantisipasi pemasangan aplikasi SLiMS/Senayan Portabel pada mesin yang sudah memiliki sesi aktif layanan web dan pangkalan data. Secara baku, porta yang digunakan oleh layanan web adalah 80 (SLiMS/Senayan Portabel menggunakan porta 8089) dan pangkalan data (dalam hal ini MySQL) menggunakan porta 3306.

Apabila kita menggunakan cara yang telah saya jelaskan sebelumnya, maka niat awal membangun aplikasi yang portabel (mudah dipindahkan dan tidak mengganggu layanan aplikasi lainnya) seakan mubazir dan tidak memberikan solusi secara permanen. Untuk itu, bagi para pengguna lama Senayan Portabel 7 Cendana namun mengalami kesulitan ketika ingin mengakses pangkalan data menggunakan PHPMyAdmin, maka yang musti dilakukan adalah, mendefinisikan porta MySQL yang digunakan dalam berkas php.ini.

Dalam berkas tersebut, cari baris ini:
mysql.default_port
kemudian tambahkan porta yang digunakan oleh aplikasi Senayan Portabel 7 Cendana, yaitu 3307:
mysql.default_port = 3307
Setelah Anda menambahkannya, simpan perubahan yang dilakukan kemudian mula-ulang layanan Apache dan MySQL dari Senayan Portabel 7 Cendana, kemudian coba kembali akses pangkalan data Anda menggunakan PHPMyAdmin.

Jreng! Pada mesin yang saya gunakan sich, berhasil. Semoga Anda juga mendapatkan hal yang sama dengan mesin yang Anda gunakan :D.

Demikian, semoga membantu, semoga memberikan pencerahan. Aplikasi Senayan Portabel 7 Cendana pada GoSLiMS juga sudah diperbarui dengan menyertakan perbaikan pada bagian tersebut. Aplikasi tersebut dapat diunduh di sini:
https://goo.gl/Ne3ZNj
Selamat mencoba.

Terima kasih kepada rekan diskusi:

  1. Danang Dwijo Kangko;
  2. Indra Sutriadi Pipii. 

 
 

Komentar

Postingan Populer