XAMPP is Currently Only Available As 32 Bit Application

It's been a while.

Sudah beberapa rilis saya menggunakan distribusi GnU/Linux Fedora dan sejak saat itu, saya nyaman. Saya merasa nyaman karena saya selalu mendapatkan pembaruan-pembaruan terkini dari perangkat lunak yang saya gunakan, seperti yang saya harapkan. Tapi, tetap ada tapi, sebagai bagian dari pengembang SLiMS, ada kebutuhan spesifik dari versi aplikasi yang digunakan. Utamanya adalah versi PHP. Sementara pada repo baku distribusi, versi aplikasi PHP yang tersedia adalah 7.2 ke atas, SLiMS masih belum kompatibel dengan versi tersebut.

Nah, solusinya dari permasalah tersebut adalah menggunakan aplikasi LAMP yang portabel. XAMPP merupakan aplikasi LAMP portabel yang biasa saya gunakan. Pada Gnu/Linux Fedora versi 27, aplikasi ini bisa berjalan dengan baik. Namun entah kenapa, setelah saya upgrade ke versi 28, aplikasi XAMPP tidak bisa berjalan dengan menampilkan pesan galat berikut:
XAMPP is currently only available as 32 bit application. Please use a 32 bit compatibility library for your system.
Sedari awal saya selalu menggunakan XAMPP versi 64 bit. Versi yang tersedia untuk GnU/Linux punya hanya versi 64 bit.

Setelah beberapa waktu saya kebingungan bagaimana mengatasi masalah tersebut, akhirnya ditemukan solusi serta penjelasannya kenapa hal tersebut bisa terjadi. Sebagaimana yang dituliskan pada satu situs [0]Reddit:
Actually I fixed after short, libnsl.so.1 was in lib directory but somehow disappeared from lib64 directory in fedora 28 upgrade progress, installed libnsl-2.27-8.fc28.x86_64.rpm from https://www.rpmfind.net/linux/rpm2html/search.php?query=libnsl.so.1%28%29%2864bit%29&submit=Search+...&system=fedora&arch= and then all was fixed.
Ajaib! Pada akhirnya masalah yang saya temui tersebut bisa diatasi. Tidak muncul lagi pesan galat ketika menjalankan XAMPP dan saya bisa menjalankan versi LAMP yang saya inginkan.

Semoga bermanfaat.


Rujukan:

Komentar

Postingan Populer