Welcoming Fedora 26 ~ UPGRADE


Anda pengguna GnU/Linux Fedora dan sudah mendengar kabar bahwasanya Fedora v.26 sudah rilis? Segera tingkatkan versinya donq. Saya sudah ;).

Saya memang sudah menunggu. Sedari masih versi Alpha, ada keinginan untuk meningkatkan versi, tapi resiko ditanggung sendiri karena masih versi pengembangan. Sedangkan saya khawatir versi pengembangan bisa menghambat produktifitas saya. Ceritanya sich begitu.

Namun, setelah ada pengumuman resmi bahwasanya Fedora 26 sudah rilis secara resmi, saya memberanikan diri untuk segera meningkatkan versi Fedora, pada mesin yang saya gunakan. Oia, saat ini, dibandingkan dengan distribusi lain, sebut sahaja GnU/Linux Ubuntu, Fedora merupakan distribusi yang tingkat peningkatan versinya, dengan metode peningkatan daring, paling baik. Sudah beberapa kali saya melakukan peningkatan versi dengan cara peningkatan daring, hasilnya tidak pernah mengecewakan. Berbeda dengan distribusi lain.

Kemudian, bagaimana caraya melakukan peningkatan versi tersebut? Metoda peningkatan versi yang saya lakukan adalah peningkatan secara manual. Saya menggunakan Fedora dengan lingkungan destop MATE. Peningkatan secara manual dimaksud adalah dengan menggunakan Terminal (antarmuka baris perintah).

Pertama, perintah yang dimasukkan adalah:
# dnf upgrade --refresh
Untuk perintah berikutnya, apabila pernah melakukan peningkatan versi, tidak perlu memasukkan perintah ini:
# dnf install dnf-plugin-system-upgrade
Selanjutnya adalah masukkan perintah ini:
# dnf system-upgrade download --releasever=26
Sebagai catatan, berdasarkan informasi pada bahan bacaan dan pengalaman di lapangan, untuk menghindari masalah peningkatan versi karena paket yang tidak bisa ditingkatkan versinya, kerusakan ketergantungan, atau mungkin paket-paket yang sudah ketinggalan jaman, silahkan tambahkan opsi --allowerasing pada perintah di atas. Opsi tersebut memungkinkan dnf untuk secara otomatis menghilangkan hambatan yang terjadi ketika proses peningkatan dilakukan.

Kurang lebihnya, Terminal akan menampilkan daftar paket-paket yang dibutuhkan untuk Fedora 26.


Tunggu beberapa lama sampai proses pemasangan selesai. Ketika proses pemasangan selesai, perintah berikutnya adalah:
# dnf system-upgrade reboot
Pada saat boot ulang, grub masih akan menunjukkan informasi versi terdahulu. Biarkan sahaja. Tidak usah khawatir. Karena setelah masuk, proses peningkatan versi yang sebetulnya akan dimulai dan ini akan memakan waktu yang cukup lama. Cukup untuk Anda membuat kopi, memesan sepiring nasi goreng, sampai menghabiskannya. Mungkin. Tergantung spesifikasi mesin yang Anda gunakan :).





Nah, dengan ditutup menggunakan gambar terakhir di atas, proses peningkatan versi harusnya sudah selesai dan Fedora 26 sudah bisa dinikmati.

Untuk bacaan lebih lanjut, silahkan merujuk pada daftar bacaan di bawah. Semoga membantu.

Daftar bacaan:

  1. https://fedoramagazine.org/upgrading-fedora-25-fedora-26/
Keterangan:
Semua gambar yang disertakan diambil dari laman Fedora Magazine.

Komentar

Postingan Populer