VirtualBox error ~ Fedora 26

Nggak lama setelah saya meningkatkan versi Fedora pada mesin yang saya gunakan, saya jelas mencoba-coba apa yang ada sebelumnya. Apakah semuanya berjalan dengan lancar. Nyatanya, sebagian besar aplikasi dapat berjalan dengan baik ketika saya meningkatkan versi Fedora menjadi versi 26.

Kemudian, apakah memang tidak ada masalah terkait aplikasi? Ya jelas ada. VirtualBox yang saya gunakan mengeluarkan pesan galat, ketika saya mencoba menjalankannya. Entah apakah ada hubungannya dengan hal yang terjadi sebelumnya, di mana repositori VirtualBox yang saya pasang, ketika melakukan update, malah muncul pesan galat seperti gambar di bawah:


Failed to synchronize. Ya sudah lah.. Daripada gatel sama pesan galat tersebut, diputuskan untuk tidak dilakukan investigasi dalam waktu secepatnya. Bisa jadi memang belum ada repositori yang tersedia bagi VirtualBox untuk Fedora 26. Rename sahaja nama repositori untuk VirtualBox ini. Masalah selesai. 

Tapi sebetulnya masalah yang sebenarnya adalah, VirtualBox yang sudah terpasang tidak mau jalan malah memunculkan pesan seperti ini:


Lantas kemudian diikuti dengan pesan seperti ini:


La dalah! Terkait kernel. Setidaknya pesan galat di atas sudah memberitahu apa yang harus dilakukan. Saya melakukan pemeriksaan apakah paket akmod-VirtualBox sudah terpasang. Sesuai perintah, Terminal mengatakan sudah terpasang.

Lantas? Saya coba menjalankan perintah systemctl dst dst, memang memunculkan pesan galat sich. Katanya systemd-modules-load.service nggak jalan. Lah...kenapa bisa? Nggak tempe jugak kenapa. Asumsinya...ya masalah terkait kernel lagih. Cuman apa?!

Ternyata, saya terlewat satu perintah. Perhatikan sekali lagi pesan galat dari gambar di atas. Ada satu perintah yang seharusnya saya eksekusi. Apa itu?
/usr/bin/akmods
Ya, saya terlewat, bahwasanya saya harus menjalankan perintah itu jugak. Bagaimana hasilnya? Perintah pertama, saya lalui tanpa hasil, dengan meninggalkan pesan untuk menambahkan opsi --force. Jad perintahnya begini:
/usr/bin/akmods --force
Hasil akhirnya, sekaligus dengan perintah yang sebelumnya saya eksekusi, seperti pada gambar di bawah:


Dengan hasil akhir seperti gambar di atas, VirtualBox yang sudah terpasang bisa berjalan lagi dengan baik.

Demikian, pada akhirnya, selamat menikmati :).

Komentar

yati pasirpanggang mengatakan…
pakai gnome boxes saja gan lebih gampang
buitenzorg812 mengatakan…
iya gan. terima kasih atas sarannya :)

Postingan Populer