KDE Neon ~ Set Up Meta/Win Key to Open Menu

Suatu ketika, saya penasaran bagaimana cara memindahkan panel KDE yang secara baku ada di bawah layar, menjadi ke atas. Tapi karena saya males, saya nggak banyak oprek-oprek yang namanya panel itu. Sudah, biarkan saja di bawah.

Tapi pada malam itu, yang mana seharusnya saya sudah tidur, rasa penasaran saya kembali terpelatuk. Anggap saja pada akhirnya saya berhasil memindahkan panel KDE yang tadinya di bawah menjadi ke atas. Beginilah pada akhirnya tampilannya tersebut.


Di atas khan? Iya di atas. Senang? Jelas! Dengan percaya diri penuh, karena saya menganggap bahwa setelan panel yang tadinya di bawah dengan setelan panel yang sudah ada di atas pasti dan mesti sama, saya hapus lah itu panel yang ada di bawah. Namun ternyata? Tidak demikian sodara-sodara!

Tak lama setelah saya hapus panel bawah dan melihat isi menu panel atas, ternyata berubah. Semua sudah nggak sama lagi seperti sebelumnya. Daftar ikon favorit berubah, nggak seperti yang sudah disetel sebelumnya dan yang paling krusial, tombol meta/win yang ada di papan kunci nggak aktif untuk mbuka menu. Bah...bencana! Masak harus pasang ulang sistem gegara hal remeh temeh begini! Cih!

Hahaha!!! Segitunya sich ya. Iya loh, saya ini repot bener. Padahal menunya masih bisa diakses dengan klik menggunakan touchpad atau tetikus. Zona nyaman itu benar-benar brengsek ya. Saya dah amat sangat nyaman dengan pencet tombol sekali terus semua akses ke aplikasi terbentang begitu saja. Bikin nggak tenang kalo nemu masalah kek ginih, nggak bisa tidur kalo belom ketemu solusinya.

Cari sana-sini, bongkar atas-bawah, nggak ketemu jawaban yang mencerahkan. Malah bikin tambah puyeng. Ada satu yang mbahas tentang bagaimana Microsoft sudah sukses memberikan ketergantungan pada tombol meta/win yang ada pada papan ketik sampe kenapa harus bergantung sama tombol tersebut, sampai akhirnya...solusinya ada pada kolom balasan yang mungkin, bukan...pastinya, kalo nggak pelan-pelan dibaca, sampai saat ini belom teratasi.

Jadi gimana cara mengembalikan fungsi tombol meta/win supaya mau mbuka menu? Begini.


Klik kanan ikon menu, sehingga memunculkan pilihan seperti gambar di atas. Kemudian pilih pada "Application Dashboard Settings" yang dilanjutkan dengan gambar di bawah


Langsung pilih "Keyboard Shortcuts" yang mana, selanjutnya, kita akan dibawa ke gambar berikut:


Nah itu, lihat pada tombol "Input". Biang masalahnya ada di situ. Karena itu kosong, maka ketika kita tekan tombol meta/win, maka tidak terjadi apa-apa. Bagaimana cara mengisinya, sementara ketika kita hanya menekan tombol meta/win tidak bisa dilakukan penambahan apapun. Tombol "Input" tadi hanya bisa diisi dengan kombinasi tombol.

Solusinya adalah dengan mengisi kombinasi tombol:

ALT + F1

Dah...gitu ajah. Setelah saya masukkan kombinasi tombol tersebut dan terapkan, hasilnya, tombol meta/win pada papan kunci bisa menampilkan kembali isi menu pada KDE Neon yang saya gunakan.


Demikian dan terima kasih. Tapi, kenapa mojok.co harus ditutup sich :'(

Bahan bacaan:

Komentar

Postingan Populer