Shutter Edit Button not Working on OpenSUSE Leap 42.2

Biasa mengambil tangkapan layar? Menggunakan Shutter? Buat yang belum tahu, Shutter merupakan aplikasi pengambil gambar layar atau biasa disebut aplikasi screenshoot. Aplikasi ini memudahkan kita untuk mengambil gambar layar dengan berbagai macam opsi. Layar penuh, bagian tertentu, menu, bahkan tool tip. Aplikasi ini tersedia untuk semua distribusi GnU/Linux yang ada. Bahkan dimudahkan apabila kita merupakan pengguna Gnu/Linux Ubuntu. Tapi, sebagai pengguna GnU/Linux OpenSUSE, aplikasi ini sudah ada secara baku di dalam repositori. Jangan lupa untuk mengaktifkan repositori Packman.

Hal yang menyenangkan dari aplikasi ini adalah, terdapat fitur penyunting hasil tangkapan layar. Dengan fitur ini, kita bisa menyunting hasil tangkapan layar. Terserah. Ditambahkan gambar, dimodifikasi, dan lain sebagainya. Nah, sejak saya memasang aplikasi ini di dalam GnU/Linux OpenSUSE Leap 42.2 yang ada di perangkat, saya pikir, fungsi sunting ini sudah aktif. ternyata belum. Baca orang punya tulisan, ternyata ada paket yang kurang ditambahkan ketika perangkat ini dipasang.

Untuk mengaktifkan menu ini, ada 1 (satu) (atau dua malah) yang perlu dipasang. Menurut beberapa bahan bacaan, di mana hampir semuanya membahas permasalahan ini di atas GnU/Linux Ubuntu, paket-paket tersebut adalah:
  • libgoo-canvas-perl; dan (tambahan)
  • gnome-web-photo.

Nah, kalo di GnU/Linux OpenSUSE Leap 42.2 yang saya gunakan, di dalam repositori ternyata nggak ada paket libgoo-canvas-perl dan setelah saya periksa, paket gnome-web-photo sudah terpasang. Lantas, apa donq nama paketnya di GnU/Linux OpenSUSE Leap 42.2? Nama paketnya adalah libgoocanvas3. Cara memasangnya adalah:
zypper in libgoocanvas3
Tunggu sampai proses pemasangan selesai. Kalau proses pemasangan sudah selesai, matikan dulu aplikasi Shutter yang sedang aktif, lalu mula-ulang kembali aplikasi tersebut. hasilnya?

Tombol sunting sudah aktif kembali dan kita sudah bisa menggunakannya :). Selamat mencoba.

Bahan bacaan:
  1. http://linuxbsdos.com/2016/06/15/what-to-do-when-shutters-edit-button-is-disabled
  2. http://shutter-project.org/2010/05/how-to-reanimate-disabled-features/
  3. https://genewoo.wordpress.com/2010/09/29/how-to-enable-edit-picture-in-shutter/
  4. https://linuxsagas.digitaleagle.net/2010/06/26/shutter-bug-cant-edit/

Komentar

Entri Populer