update flash

jadi...anda menggunakan debian. lantas, bingung ketika mbuka peramban ada pemberitahuan bahwasanya aplikasi flash yang ada di komputer anda perlu diperbaharui, sementara kalo ngapdet via apt update ngga' ada pembaharuan?

jangan takut. saya jugak begitu koq. ngga' takut :D. jadi, saya ini ceritanya pengguna debian yang noob. baru banget. masih mempelajari gimana caranya menggunakan debian ini dengan baik dan benar. masih ada banyak pe er ngoprek yang musti saya lakukan terutama bagian amp. e tapi koq jadi ngalor ngidurl.

debian yang saya pakek di lektop itu debian 8.1 jessie. repositori saya arahkan ke lokal ajah, kambing. yang paling deket dari lokasi saya saat ini. terus, gimana cara update flashnya bang? ini koq dari tadi cerita mulu.

untuk ngapdet flash player di debian yang anda pakek, pastikan bahwa flash playernya memang sudah terpasang di sistem yang anda gunakan. ya pakek ini donq:

# apt install flashplugin-nonfree

hnah, kalo udah terpasang, sip. keknyah kalo baru masang mah otomatis masang versi yang paling baru dhe.

terus bang, kalo misalnya koq ngga' ada paketnya itu flash player di repositori ya? iya, ternyata kalo mau paket flash player ini ada di cache repositori ente, harus tambahin repo contrib di sources.list debian ente. hnah kalo dah ditambahin, coba apt update dhe :).

kalo ternyata anda sudah memasang flash player, terus pas buka peramban nemuin info bahwa flash player anda sudah usang, cara memperbaruinya begini:

# update-flashplugin-nonfree --install

silahkan tunggu proses unduh dan pemasangannya sampe selesai. kalo udah selesai, silahkan segarkan laman yang menuntut flash player versinya harus terkini, atau mula ulang peramban anda :).

selamat menikmati (drinking).

bahan bacaan:
[0] https://wiki.debian.org/FlashPlayer

Komentar

Postingan Populer