out of the blue, system is being used

ceritanya udah sukses upgrade, dari windows 7 menjadi windows 10. peningkatan ini merupakan bagian dari program peningkatan versi windows yang dilakukan secara masif, bebas bea, oleh Microsoft. sebelum satu bulan, kita masih bebas untuk turun versi misalnya kita ngga' sreg sama hasil peningkatannya, dengan kata lain windows 10.

setelah sukses, coba-coba donq. secara keseluruhan ngga' ada yang mengecewakan dari antar muka windows 10. kalo udah ada yang pernah coba-coba sistem operasi lain, dengan lingkungan destop lain, mungkin akan langsung familiar dengan windows 10 ini. bisa jadi, windows 10 akan jadi suksesor windows 7 yang banyak penggemarnya itu dan membuat orang ngga' bisa dengan mudah berpindah ke lain hati.

mungkin ditulisan lain saya akan coba ulas lebih jauh tentang windows 10. walaupun ngga' tau jugak apaan yang mau saya ulas :d. kali ini bahasannya lebih ke pada penggunaan amp (baca: apache, MySQL, dan php) di dalam windows 10 hasil peningkatan ini.

pada windows 7, tidak ada masalah ketika menggunakan amp. tidak ada pesan galat. bahkan langsung jalan dengan baik. artinya, porta yang digunakan untuk layanan web tidak digunakan oleh sistem secara standar. entah dengan yang lain, tapi demikian halnya dengan laptop yang saya gunakan saat ini.

pada windows 10, entah kenapa, ternyata hal tersebut tidak berjalan sebagaimana mestinya. ketika saya mencoba aplikasi senayan portabel, aplikasi apache tidak bisa berjalan yang mengindikasikan bahwa port 80, port yang umum digunakan oleh layanan web, sudah digunakan. hmmm...apalagi ini? koq tiba2 saya jadi ngga' sreg saya windows 10?

oke lanjut, bagaimana kalo kita jalankan layanan apache via panel control xampp? ya...ya.... layak dicoba. setelah dicoba, sama kasusnya. namun kali ini, pesan galatnya lebih jelas. katanya, "PORT 80 IN USE BY "SYSTEM"!". hnah loh, system apaa coba? skype? layanan yang menggunakan port 80 udah dimatiin sejak awal-awal pasang skype. iis? keknya ngga' pernah pasang iis dhe. terus gimana donq?!

gambar 1. proses dan pesan galat
blah...burem! ngga' tau apa yang musti dimatiin. temen nyaranin buat cek layanan-layanan yang mencurigakan, berkaitan sama pesan galat. iis. ya, cari layanan iis. ngga' keliatan secara langsung layanan yang lagi aktif. hmpft!

ya gimana, cari via google, ternyata masalah ini sudah terjadi sekian lama. dari tulisan yang saya baca, dari tahun 2012. hehehe. jadi demikian. terus, gimana caranya? ya begini...dari situs ini [0] via komentar-komentar di bawahnya, bahwasanya untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan memasukkan perintah ini melalui command prompt. terminal, kalo misalnya pernah menggunakan sistem operasi gnu/linux.

command prompt ini, harus dijalankan dengan akses administrator. jadi, menu > command prompt, klik kanan pada ikon, pilih "Run as Administrator." setelah command prompt dibuka menggunakan akses adminstrator, masukan perintah ini:

> net stop was /y

nanti, akan keluar pesan seperti yang terlihat pada gambar satu. hnah...itulah layanan-layanan yang ternyata menjadi (calon) tersangka, kenapa porta 80 ngga' bisa secara baku digunakan. mari kita daftar. mereka-mereka adalah:
  1. world wide web publishing service;
  2. net.pipe listener adapter;
  3. net.msmq listener adapter;
  4. windows process activation service.
dengan menjalankan perintah di atas tadi, pada akhirnya akan menon-aktifkan layanan-layanan tersebut. tapi saya ragu, kalo misal laptop di-mula-ulang, apakah layanan-layanan tersebut akan aktif lagi? kalo liat layanan-layanan yang ada di dalam aplikasi "Services," itu semuanya jalannya automatis. untuk kasus saya, tanpa saya pahami dulu apa efeknya kalo saya matikan, ya akhirnya semuanya saya ubah kondisinya menjadi disabled. hahaha...pokoknya diliat belakangan ajah lah epeknya :D. yang penting bisa jalan dulu.

hnah akhirnya, layanan web via psenayan dan xampp pun bisa berjalan dengan baik :). senangnya! silahkan, ditindaklanjuti kalo memang menemukan masalah yang sama di atas. silahkan kasih masukan kalo memang ada yang kurang pas dari solusi yang saya temukan di atas, supaya bisa bermanfaat untuk yang lain.

gambar 2. layanan web via psenayan

gambar 3. layanan web via xampp

bahan bacaan:
[0] http://teocomi.com/stop-system-process-using-port-80-how-to/
[1] http://www.mikeplate.com/2011/11/06/stop-http-sys-from-listening-on-port-80-in-windows/

Komentar

Postingan Populer