Unable to connect RDP

Gambar 1. Koneksi RDP menggunakan Reminna
Beberapa waktu lalu, koneksi ke peladen fax yang digunakan di kantor menggunakan koneksi jarak jauh mengalami masalah. Ngga' bisa dikontak. Entah kenapa, padahal jauh sebelumnya ngga' ada masalah.

Oia, kenapa dikendalikan jarak jauh? Karena peladen ini ada di ruangan lain di mana ngga' dimungkinkan buat pasang monitor, papan kunci, tetikus, dlsb. Kendali jarak jauh ini dipake buat memastikan ngga' ada permasalahan sama sistem, karena ini peladen fax. Fax termasuk metode komunikasi yang masih dipakek sama teman-teman di kantor. Karena ada beberapa kegiatan yang beritanya perlu dikirimkan lewat fax.

Nah, permasalahannya seperti yang dicantumkan sama judul. Unable to connect RDP. Beberapa diskusi pencerahan dengan kawan, menyatakan bahwa ada sesi RDP yang "nyangkut." Memang diakui, ada beberapa kali sesi yang nge-hang. Entah karena Reminna yang bermasalah atau hal lain. Beberapa kali itu pula saya melakukan force shutdown ke sesi kendali jarak jauh.

Solusi yang saya gunakan untuk mengatasi masalah ini adalah, dengan menghapus berkas known_hosts yang ada di dalam direktori ~/.freerdp. Di dalam berkas .freerdp ada satu direktori dan satu berkas. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah:

Gambar 2. Lokasi direktori .freerdp dan berkas di dalamnya.
Seperti yang dilihat, itu ada berkas known_hosts. Nah, silahkan hapus berkas itu, dan coba lakukan kembali kendali jarak jauh yang gagal via RDP tadi. Hasilnya, sudah bisa tersambung lagi dengan peladen fax via RDP :).

Gambar 3. Sudah terkoneksi kembali.

Bahan Bacaan:

  1. http://askubuntu.com/questions/157723/cannot-rdp-to-windows-7-with-remmina-on-12-04

Komentar

Postingan Populer