SANE going in-SANE

SANE is goin' wild!!! Yahoo!!! Heboh dikit gapapa lah ya :D. Lama ngga' memperbarui isi blog ini. Sebetulnya udah terfikir beberapa hal yang mau ditulis. Cuman realisasinya ajah yang dintar-ntar :).

Sekarang, mumpung lagi sempet ngoprek dikit, jadi saya coba tulis. Siapa tau ada yang ngalamin hal sama. Ini tentang kelakuan pemindai (scanner) yang ngga' kedeteksi pas dijalanin sama aplikasi, yang alih-alih malah kebuka webcam.

Webcam? Iya, webcam. Jadi begitu saya buka aplikasi pemindai seperti SIMPLE SCAN, yang terdeteksi oleh aplikasi SIMPLE SCAN malah webcam. Jadi, yang ketangkep sama malah poto. Macam begini:

Gambar 1. Pembuktian dengan aplikasi SIMPLE SCAN
Bahkan, dengan aplikasi yang sedikit "canggih" seperti GSCAN2PDF, yang kedetek cuman si webcam. Padahal, kabel data pemindai serta kabel tenaga sudah tercolok dengan baik dan rapih pada laptop dan pencetak semua-jadi-satu yang saya gunakan. Hasil tangkepan layar pakek GSCAN2PDF kek gini nih:

Gambar 2. Profil pemindai menggunakan GSCAN2PDF
Oia, sebagai informasi perangkat-perangkat yang saya gunakan adalah:

  1. Laptop Sony VAIO VPCEG1BFX
  2. Sistem operasi GNU/Linux BlankOn 9 a.k.a Suroboyo
  3. Pencetak semua-jadi-satu HP Deskjet F2401 
  4. Aplikasi pemindai GSCAN2PDF
Lantas, apa mesti saya mula-ulang dan menggunakan MS-Windows supaya saya bisa menggunakan pemindainya? Hmmm, yang kepikiran cuman repot salin tempel datanya sich. Walaupun ujung-ujungnya itu hasil pindai akan saya unggah ke layanan-di-awan.

Akhir, secara liar, terfikir untuk mencari tau apakah aplikasi SANE sudah terpasang.

# aptitude search sane

Loh, ternyata sudah. Apalagi ya? Ah...coba pasang aplikasi LIBSANE-DEV ajah lah kalo begituh.

# apt-get install libsane-dev

Baiklah. Setelah terpasang, saya coba ulang lagi pengidentifikasian pemindai menggunakan SIMPLE SCAN dan GSCAN2PDF. Hmmm, masih belom bisa jugak. Mula-ulang! Hmmm...setelah masuk, buka GSCAN2PDF, eh...eh...bisa. BISA!!! Pemindainya sudah terdeteksi sekarang. Walaupun ada pilihan si webcam. Tapi gapapa, yang penting udah bisa :D. Alhamdulillah. Pemindai terpasang, semoga bisnis jadi lancar ;).

Solusi yang saya tuliskan di sini, bisa jadi belom tentu aplikatif ketika diterapkan di sistem lain. Jadi, silahkan mengeksplorasi internet untuk bahan bacaan lebih lanjut. Demikian, semoga membantu ya :).

Komentar

Postingan Populer