exclude folder

Ceritanya, mau mengkompres satu direktori aplikasi. Di dalam direktori aplikasi tersebut, ada satu direktori yang tugasnya menyimpan berkas-berkas dijital yang jumlahnya tidak sedikit. Pernah, satu waktu, mengkompres direktori dengan menyertakan direktori yang menyimpan berkas tersebut, hasilnya? Proses kompresi berjalan lama, dan hasilnya jadi sangat besar. Direktori penyimpan berkasnya sendiri tidak terlalu penting, apabila tidak disertakan.

Lantas, bagaimana caranya mengkompres direktori aplikasi tersebut, tanpa menyertakan direktori penyimpan berkas tersebut? Gunakan fungsi "exclude" pada perintah kompresi. Kebetulan, direktori aplikasi tersebut akan saya kompres menggunakan ekstensi .tar.gz. Jadi, perintah yang saya masukkan adalah:
$ sudo tar -cvzf [output] [nama direktori]  --exclude "/lokasi/direktori/yang/diexclude"

  • -cvzf merupakan opsi kompresi dengan keluaran .tar.gz (kskss);
  • [output] merupakan nama berkas hasil kompresi. Misal, jreng.tar.gz (bisa diisi dengan nama berkas yang lain, bebas, terserah Anda);
  • [nama direktori], diisi dengan nama direktori yang akan dikompres. Misal, jreng (karena nama contoh sebelumnya jreng.tar.gz. Silahkan isi dengan nama lain, bebas, terserah Anda); 
  • --exclude merupakan opsi untuk meniadakan direktori, yang diikuti dengan;
  • "/lokasi/direktori/yang/diexclude". Perhatikan pada bagian "/diexclude" tidak ada garis miring yang mengikuti. Memang harusnya seperti itu. Jadi, pada bagian tersebut, sekali lagi, tidak ada garis miring penutup.
Dan hasilnya? Memuaskan :). Proses kompresi bisa berjalan lebih cepat. Karena kebetulan, tanpa menyertakan direktori penyimpan berkas tersebut, keluarannya hampir 1/2gb :(.

Komentar

Postingan Populer