bersenang-senang dengan pdftk

Bersenang-senang! Iya, bersenang-senang. Karena apa yang saya kerjakan saat ini banyak berhubungan dengan alih-media, saya harus menggunakan dengan baik alat-alat per-alihmedia-an yang tersedia pada GNU/Linux. Salah satunya adalah menggunakan pdftk [0].

Sebetulnya, sudah ada beberapa aplikasi dengan GUI, seperti Master PDF Editor [1] dan PDF Studio [2], tapi bagi saya, setelah menggunakannya, lebih efektif dan efisien menggunakan pdftk. Ya, memang dituntut ketelitian dalam menulis perintah. Oia, pdftk ini aplikasi berbasis teks yang dijalankan menggunakan terminal. Aplikasi ini cukup powerfull mengingat bahwa ia dijalankan lewat terminal. Tapi seperti halnya aplikasi-aplikasi lain pada GNU/Linux, kelihatannya memang tidak indah, tapi percayalah, sama kerennya kalaupun ada antarmuka GUI-nya.

Tulisan ini sebetulnya sebagai pengingat karena perintah-perintah ini banyak saya gunakan ketika user membutuhkan berkas yang harus saya 'jahit' dan 'amankan'. Maksudnya 'jahit', menyatukan berkas-berkas .pdf yang terpisah, lantas disatukan ke dalam satu (saja) berkas .pdf. Lalu setelah dijahit, di-'amankan' dengan mengunci hak akses dan pemanfaatannya seperti mencetak, salin-tempel teks, dlsb. Perintah-perintah yang saya gunakan adalah:
  • pdftk [input.pdf] cat output [output.pdf]
Maksud dari perintah di atas, pdftk adalah aplikasi yang akan dijalankan, [input.pdf] adalah berkas-berkas .pdf yang akan disatukan. Jelas lebih dari satu. Kalau lebih dari satu, isi dari [input.pdf] adalah, misal berkas1.pdf berkas2.pdf berkas3.pdf. Berkas akan dijahit berurutan sesuai data yang ditulis. Lalu cat, perintah yang digunakan untuk menyatukan berkas-berkas tersebut. Output, bagian dari perintah yang akan menghasilkan, [output.pdf]. Pada [output.pdf], masukkan nama berkas keluarannya.
  • pdftk [input.pdf] output [output.pdf] owner_pw [foo] user_pw [foo]
Perintah ini saya gunakan untuk meng-aman-kan berkas yang sudah dijahit tadi. [input.pdf] berisi nama berkas keluaran yang dihasilkan dengan perintah sebelumnya. Atau, bisa juga berisi nama berkas .pdf apapun, yang ingin diamankan. Owner_pw akan mengunci semua properti berkas, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:

Gambar 1. Keterangan pembatasan berkas yang sudah diamankan dengan perintah owner_pw
Lalu user_pw, akan mengunci berkas ketika dibuka. Jadi, ketika berkas dibuka, akan muncul peringatan untuk memasukkan kata kunci seperti gambar di bawah:

Gambar 2. Masukkan kata kunci untuk mengakses berkas
Done! There you go. Itu dia beberapa perintah pdftk yang biasa saya gunakan untuk pekerjaan yang saya lakukan. Semoga bisa menjadi pengingat dan bermanfaat bagi yang membutuhkan :). Ingin tahu lebih banyak tentang perintah-perintah (dan opsi) yang bisa dimanfaatkan dari pdftk? Masukkan perintah man pdftk pada terminal, musti banyak informasi yang keluar :D. Atau, untuk informasi yang lebih indah dipandang mata, dan lebih mudah dipahami, silahkan baca-baca tautan rujukan di bawah :).

Rujukan:

Komentar

gadgetboi mengatakan…
wew ... belom pernah nyoba nih ... bikin pdf di linux cuman sebatas save as pdf hihihihi ... belom pernah bikin yg lebih komplex dari itu. tapi nanti kalau mau bikin ebook harus belajar juga nih kayaknya hehehe
buitenzorg812 mengatakan…
monggo dicoba, mas berow. keren koq. buat saya, alih2 sebagai alternatif, tool ini jadi alat utama saya dalam bekerja :).

jadinya, menyenangkan buat saya bekerja menggunakan gnu/linux. terima kasih sudah mampir.

Postingan Populer