memasang fonta dari office 2007

gambar diambil dari: http://www.youthedesigner.com/wp-content/uploads/2008/11/cool-fonts-12.jpg
Bagaimana ya? Yang paling ngga' cihuy sebetulnya adalah menolak permintaan klien. Walaupun keadaan sebenarnya memang sumber daya kita terbatas. Setidaknya bagi saya, dan hal ini dibatasi pada kegiatan merancang sesuatu.

Beberapa hari yang lalu saya 'diminta tolong' oleh dosen saya, untuk merancang banner program studi tempat saya belajar. Ya...dengan kemampuan saya yang pas-pas-an (pas dibutuhin bisa dibuat bisa :D), saya usahakan merancang banner yang saya anggap layak dan keren. Namun, setiap pekerjaan pasti ada kegiatan evaluasinya. Setelah saya serahkan desain awal ke dosen saya tersebut, ternyata banyak yang harus diperbaiki. Terutama di bagian penggunaan fonta. Dosen saya meminta fonta-fonta yang tidak pernah terfikirkan oleh saya untuk saya pasang. Karena nyata-nyata, saya hanya memasang fonta yang tersedia pada repositori perangkat lunak.

Walhasil, untuk memenuhi permintaan klien #tsaah, akhirnya saya mencari-cari, mengubek-ngubek internet supaya penggunaan fonta sesuai permintaan bisa dipenuhi. Fonta-fonta yang diinginkan adalah fonta seperti, Cambria, Berlin Sans, dan Lucida Handwriting. Bah! Mana ada fonta-fonta itu pada repositori yang ada! Lantas?

Ya sudah, untuk memasang fonta seperti Cambria, cara yang saya lakukan adalah seperti ini. Oia, dengan memasang Cambria, fonta-fonta yang lain jugak akan ikut terpasang. Seperti CalibriCandaraConsolasConstantia, and Corbel. Menurut situs yang menayangkan cara pemasangannya [0], Cambria dan kawan-kawan merupakan fonta yang diperkenalkan oleh Microsoft Windows Vista dan Microsoft Office 2007 untuk menggantikan fonta-fonta klasik seperti Times New Roman, Arial, Courier New, dlsb. Okeh, jadi cara pemasangannya adalah, GNU/Linux way:

1. pasang paket cabextract
$ sudo apt-get install cabextract
2. Lalu unduh powerpoint viewer dan esktrak dengan perintah:
cabextract -F ppviewer.cab PowerPointViewer.exe
3. Dilanjutkan dengan membuat direktori pemasangan fonta-fonta tersebut:
sudo mkdir /usr/share/fonts/vista
4. Kemudian, mulai ekstraksi fonta-fonta yang akan dipasang:
sudo cabextract -F '*.TT?' -d /usr/share/fonts/vista ppviewer.cab
5. Ditutup dengan memperbarui cache fonta yang ada di mesin:
fc-cache -fv 
Jreng! Hnah ini penampilan fonta-fonta yang sudah berhasil dipasang pada mesin saya. Saya tampilkan pada aplikasi inkscape.


Tapi, bagaimana dengan lisensinya? Apakah huruf-huruf tersebut memang sebenarnya bebas untuk digunakan? Hmmm, kalo menilik ke laman yang saya jadiken acuan, semuanya dikembalikan kepada yang menggunakan sich. Ybs, dalam tulisannya memberikan beberapa alasan yang cukup masuk di akal, dengan pengertian yang sederhana menurut saya. Kalo memang man tereman keberatan dengan pemakaian fonta-fonta tersebut, dapat menggunakan fonta alternatifnya [1].




Komentar

Postingan Populer