strict standard

Duh, perasaan pernah nulis perihal pesan galat ini, tapi ya sudahlah. dicari-cari dan ngga' ketemu.

Akhirnya saya pasang XAMPP lagi donq, di mesin saya. Ceritanya mau eksperimen, nampilin versi-versi lama dari SLiMS. Entah kenapa, untuk beberapa versi lama, versi stable14 ke bawah, terjadi masalah pada antarmuka, ketika dipasang pada AMP yang saya pasang lewat repositori. Asumsi saya sich, karena versi AMP yang di atas standar versi-versi jadul tersebut. KSKSS (Koreksi Saya Kalau Saya Salah).

Versi XAMPP yang saya gunakan kali ini adalah XAMPP 1.7.2. Rencananya akan saya pasangkan versi-versi SLiMS stable12 sampai stable14. Oh ... sistem operasi yang saya gunakan adalah Ubuntu 12.10.

Kali ini menemukan pesan galat ketika selesai memasang Senayan3-Stable14. Pesan galatnya seperti ini,

Gambar 00. Pesan Galat Strict Standard
Pesan tersebut sebetulnya tidak mengganggu fungsi dari SLiMS yang terpasang, tapi ngga' enak dipandang mata :D. Inget sempet nge-bookmark perihal pesan galat ini. Dan menurut situs yang di-bookmark, maksud dari pesan tersebut:
because these versions of XAMPP ship with default PHP settings that cause the PHP interpreter to choke on poor programming practices and deprecated (obsolete) language features.
Tetep ngga' ngerti :D. Yang penting adalah trik untuk menghilangkan pesan itu. Triknya adalah, cari berkas php.ini di dalam direktori XAMPP. Untuk XAMPP 1.7. 2, lokasi berkas tersebut ada di /opt/lampp/etc. Sumpah deh, sempet bingung nyarinya ada di mana :(. soale di-locate ngga' nemu2. bisa jadi emang saya yang belom paham cara pakek perintah locate yang baik dan benar :D.

Setelah berkas php.ini dibuka, cari baris yang seperti ini:
error_reporting = E_ALL | E_STRICT
Ubah bagian E_ALL | E_STRICT dengan E_ALL & ~E_NOTICE & ~E_DEPRECATED. jadi tampilannya akan seperti ini,
error_reporting = E_ALL & ~E_NOTICE & ~E_DEPRECATED
Simpan dan mula-ulang layanan XAMPP. Setelah dimula-ulang, silahkan segarkan (refresh) laman. Pesan galat yang tadinya muncul, sudah hilang :).

Gambar 01. Pesan galat sudah tidak terlihat :).
Selamat menikmati.

Komentar

Postingan Populer