csv dan excel

Terinspirasi dari kiriman seorang kawan pada satu media sosial arus-utama, kawan saya tersebut menjelaskan bagaimana caranya membuka berkas dengan ekstensi .csv (comma-separated values) yang (mungkin) dihasilkan oleh SLiMS pada perangkat lunak Microsoft Excel.

Tulisan ini tidak bermaksud menyangkal atau menyalahkan trik yang ditulis oleh kawan saya tersebut. Kata orang, "banyak jalan menuju Roma". Dan yang saya, serta kawan saya tuliskan tersebut merupakan "banyak jalan" itu.

Singkat saja, jadi versi Excel yang saya gunakan adalah Microsoft Excel 2007 Home Student Ed., yang dipasang di atas Microsfot Windows 7 Home Premium. Lalu bagaimana, misalnya, jika kita ingin membuka berkas .csv yang rencananya akan kita impor ke dalam SLiMS. Atau malah, melihat berkas .csv yang dihasilkan oleh ekspor data bibliografi SLiMS. Caranya cukup mudah. Untuk membuka berkas .csv pada Microsoft Excel butuh sedikit usaha supaya hasilnya tidak mengecewakan :). Sebetulnya, kalau mau yang lebih baik, gunakan sahaja LibreOffice atau OpenOffice. Kedua aplikasi yang saya sebutken tadi dengan sangat baik menampilkan berkas .csv dengan cara yang lebih mudah :D.

Lanjut ke Microsoft Excel, untuk memulai proses impor data, kita buka Microsoft Excel terlebih dahulu. Setelah itu, dilanjut dengan klik pada menu ribbon Data. Lalu pilih ikon From Text.

Gambar 00. Menu Data
Setelah From Text dipilih, langkah selanjutnya adalah memilih berkas .csv yang akan dibuka.

Gambar 01. Ambil data
Setelah data dipilih, berikutnya kita akan memasuki panduan (wizard) untuk mulai membuka berkas .csv pada Microsoft Excel. Seperti yang tertera pada gambar, pilih Delimited sebagai langkah awal dan biarkan setelan lain sebagaimana adanya.

Gambar 02. Panduan pertama
Panduan kedua, kita diminta untuk memilih Delimiter yang akan digunakan. Standarnya sudah tercentang pilihan Tab. Lalu tambahkan centang berikutnya pada pilihan Comma. Biarkan bagian lain sebagaimana adanya.

Gambar 03. Panduan kedua
Berikutnya adalah seperti gambar di bawah. Standarnya sudah terpilih sebagaimana lampiran gambar. Lalu klik pada Finish.

Gambar 04. Panduan terakhir
Keluar dari panduan, kita akan dibawa pada pilihan untuk meletakkan berkas .csv yang akan diimpor. Apakah akan dibuka pada lembar yang sudah terbuka, atau dibuka pada lembar baru. Standarnya, pilih pada lembar yang sudah terbuka. Seperti gambar.

Gambar 05. Pemilihan lembar kerja
Dan ... selesai! Ya, caranya cukup seperti tadi dan hasilnya bisa dilihat sebagai berikut:

Gambar 06. Berkas .csv yang berhasil diimpor
Data .csv yang saya gunakan merupakan ekspor data contoh dari pemasangan SLiMS standar. Semoga bisa memberikan pencerahan. Dan mari kita buat "jalan-jalan lain" menuju Roma :). Selamat menikmati.





Komentar

Postingan Populer