blankon + skype = bahagia

Haha ... hiperbola ya? :D. Memang saya sedang bahagia, karena akhirnya BlankOn Rote di mesin saya sudah bisa terpasang Skype. Penting banget ngga' sich? Ya, penting ngga' penting sich. Di kantor lagi pada seneng2nya pakek Skype buat obral obrol. Kebetulan Perpustakaan terbagi jadi 2 lantai. Dengan adanya Skype, katanya buat koordinasi jadi lebih cepet. Ngga' harus naek turun. Selain itu, pada seneng karena ada telepon pidio-nya :D. Kebetulan sama orang rumah jugak suka pake telepon pidionya. Jadi, harus bisa pasang Skype di BlankOn.

Kemaren2, permasalahannya karena dependency hell. Ketergantungannya karena saya mesin saya dipasangin versi 64bit. Okeh, setelah beberapa lama saya diamkan, bahkan saya harus memasang ulang BlankOn karena satu dan lain hal. Setelah pemasangan ulang, salah satu prioritas saya adalah si Rote harus bisa dipasangin Skype.

Awalnya, saya mengikuti satu trik dari rekan saya untuk mengganti sementara repositori BlankOn ke repositori Debian Squeeze. Dah ... saya coba ganti dengan mengambil repositori yang ada di cermin Kambing. Tapi saya menahan diri dulu untuk memasang ketergantungan yang diperlukan oleh Skype. Seingat saya dependensi yang menjadi masalah adalah ia32-libs. Ini dependensi untuk arsitektur 32bit ya? KSKSS :). Saya tahan dulu dengan mencoba memasang langsung lewat pakek gdebi.

Jadi saya sudah mengoleksi beberapa paket Skype dari berbagai versi. Saya coba satu persatu dimulai dari versi yang paling jadul. Versi 2.1. Eladalah ... koq ya bisa terpasang tanpa ketergantungan apapun. Mesti ia32-libs dah kepasang. Saya periksa, belom. Statusnya masih "'p". Lalu mulai saya iseng pasang versi lain yang lebih tinggi sampai ke versi 4.1.


Lah, pas di versi 4.1 ini, ketergantungannya cuman sama libqt ajah. Ngga' ada keperluan pasang ia32-libs. Wew ... akhirnya dengan semangat, dipasanglah Skype tersebut, dan akhirnya ...


terpasang dengan baik :). Jadi sekarang, sudah bisa obral-obrol sama telepon2an pakek Skype. Sepertinya  karena versi 64bit dari BlankOn Rote ini menggunakan kernel-pae. KSKSS, kernel ini sebenernya kernel 32bit yang dioptimalkan sehingga mampu membaca RAM di atas 4gb. Jadi, memang tidak ada masalah memasang versi Skype tadi, karena versi itu memang diperuntukkan bagi kernel 32bit. 

Yuk, obral obrol ;).

Komentar

Postingan Populer