diff


Eits, apapun? Koq cuman diff? Ya, lagi-lagi ini sebagai pengingat buat saya kalo saya (pernah) pakek aplikasi ini. Menurut yang saya baca, diff adalah aplikasi pembanding teks. Maksudnya pembanding adalah, untuk melihat perubahan dari suatu teks, disandingkanlah 2 teks yang asli dan yang telah dirubah untuk melihat sejauh mana perubahan yang dilakukan.

Dalam hal ini, yang ingin saya bandingkan adalah 2 skrip pada suatu pekerjaan. Yang biasanya saya gunakan adalah Diffuse. Tapi entah kenapa, koq ketika saya butuh, dicari-cari, ngga' ada? Ternyata belom dipasang :D. Diffuse sudah ada di dalam repositori Ubuntu. Tinggal pasang dengan cara kesukaan masing-masing.

Awalnya saya bingung, apa nama aplikasinya ya? Tanya-tanya lewat Google, ngga' taunya membawa saya untuk melihat aplikasi lain. Namanya Meld. Weleh-weleh, apalagi ini. Tampilan Meld memang sangat sederhana. Tapi sekilas lintas menurut saya, lebih komprehensif si Meld ini :D. Halah, komprehensif! Wong saya baru juga mau make ini perangkat. Hnah, enaknya lagi, ternyata Meld ini juga sudah tersedia di repositori.

Jadi, tinggal pilih mau yang mana. Yang jelas, di mesin saya 2-2nya udah kepasang. Tinggal dilepas satu kalo dah nyaman sama yang satu :). Yuk mari.

Komentar

Ade Malsasa Akbar mengatakan…
Tambahan, Kang:

Kata 'dirubah' itu tidak baku, Kang. Yang baku itu 'diubah'. Semoga bisa diterima :)

Oya, kenapa dimodel popup untuk komentar? Kalau otomatis pas di bawah posting kan lebih mudah?
buitenzorg812 mengatakan…
Terima kasih buat masukannya :).

Postingan Populer