Zum di Gnum

:D. Maksudnya zoom in gnome (3). Ternyata, fungsi zoom yang biasanya didapat lewat Compiz, tidak berfungsi di Gnome 3. Entah kenapa. Ah ... sedikit kecewa, awalnya. Susah donq kalo lagi presentasi terus ingin menunjukkan sesuatu supaya lebih jelas. Karena fungsi zoom ini sangat membantu untuk hal-hal seperti itu. Tentunya, kalau mau menggunakan fungsi zoom, bisa menggunakan Unity. Tapi saat ini, masih betah dengan Gnome 3 :). Fungsi zoom yang disediakan oleh Compiz bisa berjalan dengan baik di atas Unity.

Sebetulnya dengan fungsi Universal Access kita bisa menggunakan zoom pada Gnome 3, seperti gambar di bawah:

Gambar 1. Fungsi Universal Access untuk menampilkan zoom.
Tapi kelemahannya adalah pembesarannya terbatas, tidak bisa diperbesar lagi. Ya, paling tidak sudah ada satu solusi untuk fungsi zoom di Gnome 3. Masih tidak puas. Akhirnya menjelajah (lewat Google), mencari tahu solusi lain untuk zoom pada Gnome 3.

JREENGG!!! Akhirnya ada yang menyediakan fungsi zoom yang diharapkan. Adalah Tobias Quinn, lewat repositori PPA-nya, menyediakan gnome-shell-mousewheel-zoom. Seperti biasa, cara memasang repositori PPA. Di laman Github-nya Tobias juga ditulis bagaimana cara menambahkan repositori PPA. Setelah terpasang, gnome-shell-mousewheel-zoom secara otomatis akan terpasang di gnome-session-properties atau Startup Application. Jadi setelah terpasang, coba keluar (logout) lalu masuk kembali (login), dan silahkan coba dicoba :). Cara menggunakannya, adalah kombinasi tombol Alt + gulung atas/bawah (scrolldown/up) pada tetikus. 

Gambar 2. Contoh pembesaran lewat gnome-sheel-mousewheel-zoom.
Hmmm ... ini masih harus dicoba lagi menggunakan proyektor. Karena, waktu itu, ada fungsi zoom lewat Compiz yang berfungsi waktu komputer tidak dicolokkan ke proyektor, tapi waktu dicoba ke proyektor, malah tidak berfungsi :). Jadi ... mari kita lihat, nanti :D. Di bawah ini merupakan dokumentasi video yang dibuat oleh gotbletu, perihal gnome-shell-mousewheel-zoom


Komentar

Postingan Populer