Langsung ke konten utama

rfkill

Tiba-tiba saja. Tidak ada angin, tidak ada hujan. Tiba-tiba saja. Mencoba koneksi internet dengan aliran wifi menggunakan laptop dan Ubuntu 12.04, yang biasa, biasa-biasa saja. Ya,  tidak ada angin, tidak ada hujan. Tiba-tiba saja, whiteprincess ngga' mau bersalaman dengan koneksi wifi yang biasa menggunakannya. 

Curiga ... karena pembaruan yang terjadi belakangan ini. Salah satu pembaruan yang cukup besar, termasuk di dalamnya pembaruan kernel 3.2.  Begitu saja. Sampai sedikit bingung. Karena dicoba menggunakan MS Windows, koneksi wifi bisa berjalan dengan baik. Ah ... berfikir positif saja, siapa tahu bisa aktif begitu dicoba menggunakan MS Windows. Semangat  kembali menyeruak. Mengingat kegemaran yang akan kembali, bisa dinikmati. 

Apa daya. Beberapa kali dimula-ulang, whiteprincess tetap saja tidak mau menerima jabatan tangan yang diberikan oleh koneksi wifi di rumah (mertua). Kembali mengandalkan mesin  pencari. Menelusuri belantara. Meraba. Mencerna. Bau. Karena belum mandi.

Akhirnya, apa yang terjadi?  Cukup mudah untuk membuat whiteprincess kembali menerima jabat tangan. Berikan perintah ini, secukupnya. Tapi ... harus dipastikan, koneksi wifi memang sudah siap. Jangan sampai perintah dieksekusi, tapi yang mau dieksekusi belum siap. 

Oke, berikan secukupnya perintah ini:

$ sudo rfkill unblock wifi

Cuma itu. Ya, memang cuma segitu. Sampai akhirnya kembali bisa menikmati kegemaran. Perihal pembaruan, baru sekedar kecurigaan sahaja. Karena koneksi menggunakan kabel masih berjalan dengan lancar :).

Jadi, mari nikmati hidup sebisanya. Tentunya, nikmati hidup dengan cara yang baik, cara yang diberkahi, supaya tenang dunia akhirat. Ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Great Raid

Udah pernah nonton film yang satu ini? Bagi penggemar film2 action terutama film2 perang dunia ke-2, anda harus nonton film ini. Film ini nyeritain tentang PDII yang terjadi di Asia Pasifik. Buat gue, film ini menambah wawasan tentang kekejaman PDII yang terjadi ngga' hanya di belahan Eropa sana (perang lawan Jerman), tapi juga di kawasan Asia-Pasifik (perang lawan Jepang), CMIIW. Perang di Asia-Pasifik juga ngga' kalah ganasnya dengan yang terjadi di Eropa. Terutama kalo ngeliat perlakuan tentara Jepang terhadap POWs (Prisoner of Wars-red). Film ini mengisahkan tentang pembebasan 500 (sebenernya 512) orang tawanan perang di Camp Cabanatuan yang telah menjadi tawanan selama 3 tahun. Operasi pembebasan ini diinisiasi oleh 6th Army Rangers Batallion, yang dipimpin oleh Letkol Henry Mucci. Untuk strategi diserahkan kepada Kapt. Robert Prince, yang kalo menurut gue, strategi penyerangan dan pembebasan yang luar biasa. Hampir ngga' ada kesalahan, bersiihhh...!!! Kesalahan yang t

Tampilan Terbagi ~ Notepad++

logo notepad++ (sumber wikipedia) Mesti dah pada paham lah, apa itu notepad++ . Ya? Pemahaman sederhana saya, notepad++ merupakan salah satu perangkat penyunting teks yang digunakan, utamanya, untuk menyunting berkas  pemrograman. Tentunya, lingkungan yang digunakan adalah lingkungan sistem operasi MS-Windows. Bisa saja digunakan untuk menyunting hal lain. Atau bahkan membuat berkas teks mandiri guna keperluan selain dari penulisan bahasa pemrograman. Saya ngga' akan menjelaskan panjang lebar tentang apa dan bagaimana aplikasi ini. Yang ingin saya tuliskan di sini hanya, bagaimana membuat tampilan terbagi ( split view ) pada notepad++. Apa guna? Bagi saya, untuk membandingkan isi dari satu skrip (pemrograman) dengan skrip yang lain. Fungsi ini saya perlukan disaat saya ingin melihat perubahan dari skrip yang saya susun (namun memiliki kutu) dengan skrip hasil perbaikan kawan saya. Mari kita mulai dengan gambar pertama. Di bagian ini, kita buka berkas yang ingin kita su

Portable SLiMS 9 Bulian: How to increase file size to upload large size attachment

Gambarnya pakek gambar lama yak 😆 Bukan bahas XAMPP koq, ini mau bahas SLiMS Portabel. Ternyata, belom banyak yang bahas bagaimana caranya meningkatkan kapasitas unggah lampiran pada SLiMS Portabel. Jadi begini, belakangan muncul pertanyaan-pertanyaan cara nambahin kapasitas berkas lampiran yang bisa diunggah kalo menggunakan SLiMS Portabel. Lho, ini jadi pertanyaan baru, bukankah metodenya sama, seperti pengguna XAMPP? Yaitu dengan mengubah variabel upload_max_filesize  dan post_max_size   dalam berkas php.ini . Pada SLiMS Portabel (SLiMS 9 Bulian), berkas tersebut ada di dalam direktori httpd/php . Gambar berkas php.ini yang akan disunting Gambar variabel post_max_size Gambar variabel upload_max_filesize "Betul, Bang. Saya sudah merubah nilai pada kedua variabel. Di SLiMS hasil perubahannya juga udah keliatan. Tapi, begitu saya upload  berkas yang ukurannya besar, tetep gagal, bang. Nggak ada berkas yang ke- upload". Nah, saya jadi penasirun kenapa bisa begitu. Lho iya! be