rfkill

Tiba-tiba saja. Tidak ada angin, tidak ada hujan. Tiba-tiba saja. Mencoba koneksi internet dengan aliran wifi menggunakan laptop dan Ubuntu 12.04, yang biasa, biasa-biasa saja. Ya,  tidak ada angin, tidak ada hujan. Tiba-tiba saja, whiteprincess ngga' mau bersalaman dengan koneksi wifi yang biasa menggunakannya. 

Curiga ... karena pembaruan yang terjadi belakangan ini. Salah satu pembaruan yang cukup besar, termasuk di dalamnya pembaruan kernel 3.2.  Begitu saja. Sampai sedikit bingung. Karena dicoba menggunakan MS Windows, koneksi wifi bisa berjalan dengan baik. Ah ... berfikir positif saja, siapa tahu bisa aktif begitu dicoba menggunakan MS Windows. Semangat  kembali menyeruak. Mengingat kegemaran yang akan kembali, bisa dinikmati. 

Apa daya. Beberapa kali dimula-ulang, whiteprincess tetap saja tidak mau menerima jabatan tangan yang diberikan oleh koneksi wifi di rumah (mertua). Kembali mengandalkan mesin  pencari. Menelusuri belantara. Meraba. Mencerna. Bau. Karena belum mandi.

Akhirnya, apa yang terjadi?  Cukup mudah untuk membuat whiteprincess kembali menerima jabat tangan. Berikan perintah ini, secukupnya. Tapi ... harus dipastikan, koneksi wifi memang sudah siap. Jangan sampai perintah dieksekusi, tapi yang mau dieksekusi belum siap. 

Oke, berikan secukupnya perintah ini:

$ sudo rfkill unblock wifi

Cuma itu. Ya, memang cuma segitu. Sampai akhirnya kembali bisa menikmati kegemaran. Perihal pembaruan, baru sekedar kecurigaan sahaja. Karena koneksi menggunakan kabel masih berjalan dengan lancar :).

Jadi, mari nikmati hidup sebisanya. Tentunya, nikmati hidup dengan cara yang baik, cara yang diberkahi, supaya tenang dunia akhirat. Ya.

Komentar

Postingan Populer