MS Windows ~ Skype ~ enjoy

Nikmati aja. Selagi koneksi lagi bagus dan masih bisa video call ke temen-temen yang dirasa dah lama ngga' temu muka :). Layanan video call makin lama makin menemukan celah yang pas untuk diterima oleh pengguna internet. Hal ini didukung oleh ketersediaan koneksi internet yang semakin banyak dari hari ke hari. Walaupun di Indonesia, (katanya) harganya masih tetep mahal (menurut yang paham hitung-hitungannya :)).

Salah satu aplikasi video call yang cukup populer, adalah Skype. Adalah Skype sebagai salah satu pionir (kskss) dalam menyediakan layanan video call secara gratis. Ya ... video call-nya memang gratis, tapi koneksi inet yang digunakan buat video call-nya tetep bayar :). Dan ... sudah pernah pasang Skype di mesin MS Windows? Banyak yang protes perihal ini karena, setelah terpasang, Skype selalu termuat otomatis sewaktu mesin nyala. Keganggu ngga'? Padalah kita belom butuh buat pake Skype, tapi Skype selalu dimuat otomatis. Jadinya harus selalu dimatiin manual.

Tenang, caranya mudah koq. Cara apa? Ya ... cara supaya Skype ngga' dimuat otomatis begitu MS Windows nyala donq *sigh*. Sesuai gambar ya ...

Gambar 1. Start menu
Pertama, silahkan tekan tombol logo Windows pada keyboard komputer Anda. Oia, mesin yang saya gunakan adalah MS Windows 7. Setelah itu, silahkan ketikkan "msconfig". Nanti pada daftar program akan keluar yang namanya "msconfig.exe". Lalu tekan enter.

Kedua, setelah keluar jendela msconfig seperti gambar di bawah,

Gambar 2. Jendela msconfig
silahkan lanjut dengan meng-klik tab "Startup". Kalau sudah, di dalam tab Startup, silahkan cari yang berhubungan dengan kata-kata "skype". Seperti gambar di bawah ini,

Gambar 3. Tab "Startup"
Aslinya, itu kotak akan tercentang. Yang artinya, kalo tercentang bearti setiap kali sistem dimula-ulang, maka perangkat lunak yang bersangkutan akan dimula otomatis sama sistem. Hnah, dengan kita meng-uncentang si Skype, maka insya Allah, si Skype ngga' akan dimula otomatis setiap kali mesin nyala :). Sudah saya buktikan, dan setelah berobat  ke klinik tong fang, akhirnya Skype pada MS Windows di mesin saya ngga' nyala otomatis lagi :).


Komentar

rotyyu mengatakan…
Kabar Skype untuk Linux gmn ya?
buitenzorg812 mengatakan…
ini kabarnya skype buat linux bang, http://www.omgubuntu.co.uk/2012/06/skype-for-linux-loses-beta-tag-bumps-to-4-0. masih ada perkembangan positif, alhamdulillah :).

Postingan Populer