LibreOffice 3.6

LibreOffice. Nama ini muncul sejak perkembangan OpenOffice yang telah diakusisi oleh Oracle (dulu kala, sebelum diserahkan ke inkubator proyek Apache) sangat, sangat lambat. Diduga, Oracle tidak memiliki niat untuk mengembangkan OpenOffice lebih lanjut, sehingga banyak pengembang dari OpenOffice keluar dari proyek dan memutuskan untuk mengembangkan fork dari OpenOffice dengan nama LibreOffice. LibreOffice dibangun menggunakan kode sumber yang tidak jauh berbeda (kalau tidak mau dibilang sama :D) dengan OpenOffice. Mungkin beberapa pengembang melakukan penulisan ulang atas beberapa bagian yang membangun LibreOffice. Karenanya, perkembangan LibreOffice menjadi jauh lebih cepat dibanding saudaranya, OpenOffice. Namun sejak pengembangan OpenOffice diserahkan ke Apache, sepertinya kita akan memiliki banyak alternatif perangkat lunak perkantoran :).

Tentang LibreOffice, sepertinya baru kemarin rilis 3.5 menjadi rilis yang memiliki banyak perubahan dan perbaikan. Dan sepertinya, baru kemarin saya memasang PPA LibreOffice buat menikmati banyak perbaikan fitur di 3.5, ternyata, sudah keluar rilis 3.6. Rilis kali ini juga memiliki banyak perbaikan dan penambahan fitur. Salah satunya, yang cukup saya tunggu-tunggu, keyboard shortcut untuk merubah ukuran fonta ketika sedang menyunting. Ya ya, fitur ini tersedia di MS Office, tapi entah kenapa, sampai sebelum rilis 3.6, keyboard shorcut ini belum tersedia pada LibreOffice. Kskss. Dan yang lainnya, (sepertinya) kompatibilitas yang lebih baik ketika membuka berkas dari MS Office yang berekstensi .***x.

Jadi, sedikit banyak bersuka cita rilis baru ini. Harapannya, LibreOffice semakin berkembang dan tetap bebas diunduh ;). Ah ... sedikit tangkapan layar dari LibreOffice 3.6 yang telah terpasang di mesin saya :).

Gambar 1. splash screen dari LibreOffice 3.6
Gambar 2. Pilihan untuk memulai bekerja dengan LibreOffice.
Semakin berbeda dengan 3.5.

Gambar 3. About rilis 3.6.

Komentar

kamal mengatakan…
di libreoffice yang baru ini, khususnya di writer, apakah sudah ada statistik untuk 'sentence'? karena di libreoffice bawaan price pangolin yang saya pakai, itu tidak ada. tapi untuk paragraf, line, word, character, statistiknya ada. saya perlu itu untuk mengetahui rasio rata2 kata/kalimat, agar memudahkan keterbacaan.

kalau di ms office hal itu sudah lengkap.
buitenzorg812 mengatakan…
kalo berdasarkan informasi perbaikan dan penambahan fitur di situsnya libreoffice, di situ ada perbaikan untuk wordcount. entah apakah perbaikan tersebut termasuk yang mas kamal maksud. saya sendiri belum pernah menggunakan fitur tersebut.

apakah video yang ada di sini [0] bisa menjawab keinginan mas?

[0] http://www.youtube.com/watch?v=MG94ULxWx8k

Postingan Populer