World of Goo (WoG) merupakan salah satu permainan favorit saya. WoG itu semacam permainan strategi, bahasa aslinya, physics-based puzzle game yang mengharuskan kita menyusun kumpulan-kumpulan Goo (mahluk berbentuk bundar berwarna-warni dengan suara yang lucu) untuk menyelesaikan tugas di setiap tingkat permainan. Lebih lanjut tentang WoG, bisa dibaca di wikipedia [0].

Sudah beberapa hari ini, Preciese Pangolin a.k.a. Ubuntu 12.04 jadi sistem operasi andalan. Setelah sebelumnya saya pasang ulang dari Ubuntu 11.10. Dan saya kembali mengumpulkan permainan-permainan apa yang cukup asik untuk dimainkan kala senggang. Terlintas untuk memasang WoG, tapi dicari-cari ... akhirnya ketemu :D.

Langsung pasang. Tidak ada masalah kala proses pemasangan. Tapi apa yang terjadi? Bingung, sudah dua kali ikon WoG dipilih, tapi kenapa tidak muncul. Akhirnya, cari tau lewat terminal. Dan memang, ada pesan galat waktu memulai permainan ini. Pesan galatnya seperti gambar di bawah ini:
Gambar 1. Pesan galat, seperti bagian yang ditandai
Penasaran, langsung cari jawabannya lewat Google. Dan ketemu jawabannya [1]. Ternyata, hanya mengganti beberapa berkas asli pada direktori hasil instalasi WoG dengan berkas yang diambil dari tautannya 2dboy [2]. Sesuaikan direktorinya dengan arsitektur sistem operasi yang Anda gunakan. Saya menggunakan Ubuntu 12.04 64bit. Itu saja. Sepertinya galat yang terjadi diakibatkan oleh berkas audio pada Ubuntu 12.04 yang, katanya ~ dari jawaban sebelumnya, masih bersifat eksperimental. Kskss.

Setelah mengganti berkas-berkas yang disarankan, dengan berkas hasil unduhan, akhirnya, WoG berhasil diputar di mesin yang saya gunakan. Ahihi ... nostalgia lagi melanjutkan tingkat demi tingkat tantangan di dunia-nya para Goo :D. Selamat bermain!

Referensi:


Komentar

Postingan Populer