galau

maksudnya begini. beberapa waktu lalu, saya menggunakan linux mint 12 sebagai sistem operasi di laptop saya. kenapa linux mint? linux mint 12 menjanjikan lingkungan destop yang lebih familiar dan mudah digunakan. waktu awal rilis, konsep mate dan mgse itu benar-benar menarik dan memang nyaman digunakan. tidak lama kemudian, linux mint memasukkan cinnamon ke dalam repositori perangkat lunaknya. cinnamon adalah lingkungan destop yang baru-baru ini pun dikembangkan. tampak menjanjikan, dan memudahkan para pengguna gnu/linux baru karena antarmukanya yang cukup familiar.

di linux mint 12, saya dimanjakan sama advanced settings (yang baru ngeh kalo itu adalah gnome-tweak-tool), yang kalo mau ganti tema, ganti ikon, tinggal klik, klik, dan klik. dan itu sudah paket standar yang terpasang. tapi sekarang, saya pasang ulang sistem operasinya pake ubuntu 11.10. yang standar hasil instalasinya, begitulah. setelan untuk destop hanya disediakan untuk mengganti tema dan wallpaper. untuk mengganti setelan yang lain seperti ikon, itu gnome-tweak-tool harus dipasang sendiri.

hlah, iya kalo paham. kalo ngga' paham? jadinya seperti maksud awal tulisan ini, mengganti tema ikon menggunakan dconf-editor. coba cek. kalo belom ada, silahkan pasang:
~$ sudo apt-get install dconf-tools
kalo sudah, silahkan buka dconf-tools, yang setelah dipasang namanya menjadi dconf editor. ah, untuk kasus ini, setelan yang mau saya rubah menggunakan dconf editor ini adalah ikon. saya mau mengubah ikonnya menjadi faenza, yang kebetulan sudah terpasang.
dconf-tools = dconf editor
untuk mengganti ikon menggunakan dconf editor, bagian yang harus dituju adalah org ~> gnome ~> desktop ~> interface ~> icon theme, seperti gambar terlampir. nanti tinggal sesuaikan namanya dengan ikon yang ingin digunakan. letak ikonnya bisa di /usr/share/icons atau di /home/namauser/.icons. 

Begitulah pada mulanya yang dilakukan untuk mengganti ikon. yang padahal, kalo pake gnome-tweak-tools, tinggal klik, klik, dan klik. bodor yach? :D. harap maklum, lama ngga' pake ubuntu sejak unity jadi lingkungan destop standar. tapi, entah kenapa, unity itu ngangenin.
gnome-tweak-tools = advanced settings


Komentar

Postingan Populer