Terkunci!

Keinginan pertama kali memang hanya mengunci si papankunci (keyboard). Kenapa? Entah, terlintas begitu saja. Sepertinya asyik kalau bisa mengunci si papankunci tanpa harus ikut memadamkan tampilan destop. Saya menggunakan Linux Mint 12. Kalau mau mengunci destop, kombinasi kunci yang saya tekan adalah ctrl+alt+l. Hasilnya destop padam, dan papankuncinya terkunci. Dengan kata lain tidak bisa melakukan apa-apa kecuali terlebih dahulu memasukkan kata sandi untuk bisa kembali ke lingkungan destop.

Bagaimana kalau hanya ingin mengunci papankunci, tanpa memadamkan destop? Tentu bisa! Ada beberapa solusi kalau kita cari di Google. Tapi solusi yang saya gunakan adalah dengan memasang satu aplikasi kecil yang bernama xtrlock. Aplikasi ini ada di repositori. Kalau terhubung dengan internet, bisa langsung dipasang dengan perintah: 

$ sudo apt-get install xtrlock

Sudah? Kalo sudah, penggunaannya tinggal menjalankan perintah xtrlock dari terminal. Atau buat kunci jalan pintas :) atau kalau menggunakan gnome3 (gnome-shell, kskss) tekan alt+f2 lalu masukkan perintah xtrlock. Jreng! itu papankuncinya sudah terkunci tanpa memadamkan destop :). Hnah, bagian terpenting adalah agaimana cara membuka kuncinya? Ini yang membuat saya panik waktu kali pertama mengaktifkan aplikasi ini. Begitu dapat informasinya yang dimaksud (cari tahu lewat Google tentunya) ternyata ... cukup memasukkan kata sandi yang kita gunakan waktu login. Viola! Gemboknya bisa terbuka lagi :). Terlampir adalah rekaman destop yang saya buat untuk sedikit menjelaskan penggunaan aplikasi xtrlock.

video

a. rekaman destop dibuat menggunakan gtk-recordmydesktop
b. penyuntingan rekaman destop menggunakan pitivi

Komentar

Postingan Populer