xampp langsung ran!

Jadi idenya pengen supaya si xampp ini bisa langsung dimula tanpa harus secara manual mengaktifkannya, supaya nanti si pengguna dimudahkan. Alasannya, khawatir si pengguna kesulitan melakukan pemulaan menggunakan terminal dengan memasukkan perintah (standar) sudo /opt/lampp/lampp start/stop.

Dulu, karena belom pernah mencoba ditambah pengakuan-pengakuan yang katanya proses penambahan ke dalam service nya rumit, dan sebagainya dan sebagainya, akhirnya tidak pernah mencoba membuat perintah mula secara otomatis pada xampp. Tanya sana-sini, cari sana-sini, dan akhirnya kembali ke laman resminya xampp. Jadi katanya, cukup dibuat semacam softlink ke dalam runlevel yang jalan pada saat itu.


Kasusnya adalah, menjadikan perintah mula xampp sebagai layanan pada sistem operasi. Sistem operasi yang digunakan adalah LinuxMint 12 Lisa. Yang pertama kita lakukan adalah mencari tau pada runlevel berapa lingkungan destop yang kita gunakan saat itu. Kalo mengacu pada FAQ, perintah yang harus dimasukkan pada terminal adalah:
egrep :initdefault: /etc/inittab
Tapi, ternyata ngga' ditemukan tuh kalo di mesin yang saya gunakan :(. entah kenapa. Bingung. Coba-coba, saya jalanin ajah perintah ini di terminal:
runlevel
dan...keluar hasilnya seperti gambar di bawah.

ya...asumsi saya, N 2 itu artinya saya sedang berada dalam runlevel 2 :D. mungkin bahasanya kurang canggih, tapi kalo menilik manual runlevel:
The previous and current runlevel from that record are output separated by a single space.  If there is no previous runlevel in the record, the letter N will be substituted.
If  no  runlevel record can be found, runlevel outputs the word unknown       and exits with an error.
Baiklah, sudah ketemu sekarang kita sedang berada di runlevel berapa. Lalu kembali ke FAQ, langkah selanjutnya adalah mencari letak konfigurasi runlevel. Biasanya letak konfigurasi ada di /etc/rc.d. atau kalo ngga' nemu di sana, cari ke /etc/init.d/ atau /etc. Pada sistem yang saya gunakan, konfigurasi tersebut terletak di /etc/. Karena runlevel saat ini (sebagai default) adalah 2, maka direktori konfigurasinya adalah rc2.d (lengkapnya /etc/rc2.d). Di dalam direktori tersebut, kita tambahkan perintah untuk mengeksekusi secara otomatis perintah mula xampp:

$ sudo ln -s /opt/lampp/lampp S99lampp
$ sudo ln -s /opt/lampp/lampp K01lampp

Saya masih belom tau apa arti S99 dan K01. Mungkin teman-teman ada yang bisa bantu menjelaskan? Dan...Viola! Sekarang kalo kita coba mula ulang mesin kita, layanan xampp sudah berjalan secara otomatis. Di mesin lain dengan sistem yang sama saya sudah buktikan dengan beberapa kali memula ulang. hasilnya tokcer, alhamdulillah :).

Selamat mencoba, kalo ada yang salah mohon saya diingatkan :).

Komentar

Cara yang lebih baik:

$ sudo ln -s /opt/lampp/lampp /etc/init.d
$ sudo update-rc.d lampp defaults

Intinya, taruh initscript di /etc/init.d dan membuat symlink>
buitenzorg812 mengatakan…
wow, okay bang peter! matur kamsia buat caranya :).
soewoeng mengatakan…
ampun kagak nyandak
soewoeng mengatakan…
sayang diriku gaptek
buitenzorg812 mengatakan…
ah mbah @soewoeng suka begitu. heker ternama emang suka merendah si ;).
rotyyu mengatakan…
Debian dan Ubuntu, CS kan emg ga pake inittab lagi...
buitenzorg812 mengatakan…
hnah, itu yang saya kurang pahami bang @rotyyu. makanya saya cari ngga' ada ya :(. makasih buat pencerahannya.

Postingan Populer