pengelompokan pesan

Pake thunderbird? Saiah pake. Supaya ngga' melulu harus akses antarmuka web buat akses surel. Thunderbird saiah diisi sama beberapa akun surel yang semuanya berbasis gmail :D. Dengan pake thunderbird saiah jadi bisa baca2 surel secara offline. Jadi semacam arsip lokal lah. Kalo perlu info, tinggal cari. Dan ya itu tadi kemudahannya, ngga' perlu repot2 buka antarmuka web. Iya kalo ada koneksi inet, kalo ngga' ada? Manyun dech :D. Koneksi hanya diperlukan pada saat mengunduh surel dari gmail. Pada saat sudah terunduh, koneksi bisa dimatikan errr...*maksudnya digunakan untuk mengunduh yang lain :D*.

saiah sempet dibingungkan sama fitur yang satu ini. waktu itu entah gimana, tiba2 semua pesan dalam satu folder terpisah-pisah berdasarkan waktu seperti today, yesterday, last month, dll. sedikit mengganggu buwat saiah, yang sudah terbiasa dengan format yang rata, yang hanya melihat surel berdasarkan tanggal dan jam diunduh. oija, kejadian ini berawal dari kekeliruan saiah dalam memencet2 papan kunci. maksud hati ingin mencari sesuatu dalam thunderbird, namun apadaya, salah meletakkan kursor. ini tangkapan layarnya...

sempat dibuat pusing, gimana caranya untuk mengembalikan awal. sampe akhirnya...dianggap tidak ada lah, masalah itu.

sampe hari ini, kepikiran lagi, kenapa bisa terjadi begitu. iseng punya iseng, tanya ke help *kenapa ngga' dari dulu ajah (doh)*. masuk di help pun, masih dibingungkan dengan query yang tepat untuk permasalahan yang bersangkutan. akhirnya, ketemu juga. namanya message grouping.

sederhana saja, message grouping atau pengelompokkan pesan adalah satu cara di thunderbird untuk mensortir pesan yang masuk. bisa diliat di view --> sort by. yang paling bawah ada pilihan threaded, unthreaded, sama grouped by sort.

dari situ, untuk mengembalikan ke tampilan normal, tanpa ada pengelompokkan, pilihlah unthreaded. dan tampilan pesan-pesan di inbox saiah sudah kembali normal :). dimana ada keinginan, disitu ada jalan ;). selamat bersenang-senang.

catatan:
[0] help tentang message grouping, disini.
[1] gambar diawal diambil dari sini.

Komentar

Andy MSE mengatakan…
saya selalu mengelompokkan imel sejak pake outlook express... ketika pindah ke thunderbird ya langsung lancar saja...
tapi akhir2 ini saya lebih suka buka web aja, di gmail saya kasih macem2 label...
ireng_ajah mengatakan…
Saiah cukup pake gmail saijah
Pradna mengatakan…
pernah 2 kali pake thunderbird,
yang pertama nemu settingan buat pesan ori di email masih tersimpan

yang kedua kalinya, ngubek2 ndak nemu dan jadinya pesen di inbox email kesedot semua (doh)

lupa nanya "help" (kepruk_korsi)
buitenzorg812 mengatakan…
@pradna, sama lupa juga (ikutan_keprok_kursi) :D.
buitenzorg812 mengatakan…
@ireng_ajah, @Andy MSE, spacenya gmail masih cukup longgar yak :D.
gadgetboi mengatakan…
seumur hidup enggak pernah pake kaya ginian. baik di windows maupun di linux :)) masih setia dengan web-base. paling di hape saya malah yang saya gunakan seperti belekberi menggunakan aplikasi gratisan. hihihihi
buitenzorg812 mengatakan…
@gadgetboi, koneksi maknyus donq bos? ;)
Neng Ucrit mengatakan…
heumm mampir nih..
banyak banget ya tutorialnya :)
makin semangat belajar linux :">
buitenzorg812 mengatakan…
@neng ucrit, alhamdulillah kalo bisa bermanfaat :). tetap semangat yach.

Postingan Populer