akhirnya...

akhirnya...ya...akhirnya. gue memutuskan buat upgrade ke karmic. setelah mencoba livecd-nya, dimana karmic berhasil mengaktifkan dengan baik semua tombol (kecuali lenovo care button :D) yang ada di SL400, gue putuskan, dengan penuh kesadaran akan resiko untuk menginstall ulang semua paket yang ada sebelumnya di jaunty, untuk fresh install si SL400.

awal2nya...bete! koneksi wi-fi selalu minta password buat keyring. letih, hampir putus asa. tapi ya...dilakonin ajah. masih bisa pake kabel ini :D. oija...perihal tombol. waktu pake jaunty, ada beberapa tombol yang ngga' bisa aktif, diantaranya, tombol lcd brightness, tombol atur volume, tombol pengaktifan koneksi wi-fi, tombol eject dvd-rom. yang mana...setelah pake karmic, semuanya aktif, out-of-the-box. ngga' ada setingan macem2. kembali ke koneksi wi-fi dan keyring entah gimana...mungkin dah cape kali ya, diotak-atik terus, akhir bisa tuh, ngga' harus masukin passwd untuk keyring. dunno. ngga' ngapa2in juga. just...work :D.

begitu juga dengan setingan blutut. kalo di postingan sebelumnya gue harus kotak-katik dikit biar si blutut di SL400 bisa konek sama blutut di BlackBeauty, kali ini...sekali lagi...out-of-the-box. ubuntu memang semakin memanjakan penggunanya. tapi, bukan berarti kita ngga' bisa ngoprek loh. itu mah tetep harus :).

apalagi yach...hmmm...kamera internal dah terbaca dengan baik sejak masih pake jaunty. skype-an, empathy-an, dah bisa menggunakan kameran internal tersebut. cuman sayangnya, belom ada lawan buat ngetes itu kamera :P.

sebetulnya...ini postingan bukan untuk mbicarain gimana karmic sangat cocok di SL400, tapi pengen share tentang proses instalasi ttf-mscorefonts-installer yang ternyata, dengan setingan default membawa masalah. error. ngga' bisa diinstall. bukannya ngga' bisa, cuman sedikit perlu diatur disana-sini. kalo menurut sini, bugsnya ada dikompatibilitas dns dengan ipv6. well....secara teknis, gue belom ngerti, tapi ini yang gue lakukan, untuk memperbaiki proses instalasi ttf-mscorefonts-installer, yang merujuk pada link diatas:

0. edit file /etc/dhcp3/dhclient.conf, tambahin baris berikut:

prepend domain-name-servers 208.67.222.222,208.67.220.220;

1. pada file /etc/nsswitch.conf, sunting baris:

hosts: files mdns4_minimal [NOTFOUND=return] dns mdns4

menjadi:

hosts: files dns

selesei! belom...! restart dulu koneksinya, terus install ulang si paket ttf-mscorefonts-installer. yang ini bener2 selesai. paket berhasil diinstall dengan baik. ini kasus di mesin yang saiah pake loh. semoga solusi yang sama juga berhasil di mesin yang kawan2 gunakan :). happy hacking ;).

Komentar

Postingan Populer