kendali jarak jauh

hei...hei...apa kabar? miss me? :D. setelah kesimpen jadi draft buat beberapa saat, akhirnya bisa juga ngelarin ini tulisan. walopun mungkin agak2 gimana gituh, tapi...tancep ajah dah :).

setelah sekian lama, saiah mencoba menuliskan kembali hasil iseng2, "membunuh waktu". karena...ceritanya punya maenan baru sekarang, alhamdulillah :). semoga bisa memberikan manfaat (worship).

rasa penasaran menggoda hati untuk terus mencari tahu, bagaimana rasanya tempe. karena dengan makan tempe, hidup terasa menjadi...lebih indah :d. tempenya adalah, bluetooth built in yang ada pada si maenan baru. tergelitik oleh rasa penasaran beberapa waktu lalu. pada saat itu, ada seorang pemrasaran yang melakukan presentasi, menggunakan hapenya. bukan buat sms-an, telepon2an, tapi buat mengendalikan slaid presentasi. sumprit, waktu itu saiah tersepona. ya...keliatannya memang norak, ndeso, atau apapun, tapi itu menjadi obsesi tersendiri bagi saiah.

saiah menggunakan linux, karenanya, hal tersebut menjadi tantangan pada saat saiah mengetahui bahwa maenan barunya tidak bisa berkomunikasi melalui bluetooth sebagaimana yang saiah liat waktu itu. usut punya usut, baca orang punya tulisan, setelah beberapa hari yang melelahkan *taela*, akhirnya, blackbeauty bisa mengontrol/mengendalikan adiknya, bigblackbrother melalui koneksi si gigibiru.

jadi...begini caranya yang saiah lakukan:
1. pastikan koneksi blutut di henpon kita aktif. iya donq, kalo ngga' aktif, ngga' akan bisa, bukan? ;).

2. dan pastikan juga, blutut di laptop dah aktif :D.

3. install paket ini, bluez-utils:

$ sudo apt-get install bluez-utils

4. lalu, kita scan koneksi blutut yang sudah aktif di henpon kita dengan perintah:

$ hcitool scan

5. outputnya adalah, mac address dan identifier, seperti:

00:11:22:AA:BB:CC MyPhonesName

6. dah ketemu mac addressnya, kopi mac addressnya, terus masukin perintah"

$ sudo hidd --connect 00:11:22:AA:BB:CC

daaaaannn...kalo menurut manualnya, dan itu yang sudah saiah alami, seharusnya kalo semuanya berjalan dengan lancar, kita sudah bisa melakukan kontrol jarak jauh. menu kontrol jarak jauhnya tergantung dari masing2 henpon. kalo sony ericsson, ada di entertainment --> remote control.

tapi...cara yang terakhir harus diulang secara manual setiap kali kita mau melakukan kontrol jarak jauh. kalo mau kontrol jarak jauhnya otomatis jalan begitu kita melakukan koneksi, kembali ke terminal dan masukin perintah:

$ sudo --hid server

selesai. tinggal aktifin lagi, dan mulai melakukan kontrol jarak jauh ke ubuntu box kamu pake hape :).

kalo ngeliat cara yang disampein di sini, apa yang kita lakukan merupakan cara yang dipake buat menghubungkan box ubuntu-7.04, bukannya ubuntu-9.04. tapi, hei...that does work, doesn't it? ;). terus lagi, gue sendiri pake fitur remote kontrol yang disediain di link tadi, nama filenya ubuntu.hid.

caranya, donlot si file ubuntu.hid, kirim lewat blutut ke hape kamu, terus, ntar ada pilihan mau install apa ngga', pilih install, dan...si antarmuka buat kontrol jarak jauh lepie lewat hape, terpasang sudah.


*bahan bacaan
[0] http://ubuntuforums.org/showpost.php?p=1774584&postcount=10
[1] https://help.ubuntu.com/community/BluetoothRemoteControl
[2] https://answers.launchpad.net/ubuntu/+source/bluez-utils/+question/24516

Komentar

Postingan Populer