Langsung ke konten utama

OpenBiblio, Linux, XAMPP

pernah denger openbiblio? buat temen2 pustakawan udah ngga' asing lagi pasti? ;). oh...belom pernah denger tokh? yo wis...openbiblio adalah perangkat lunak untuk kegiatan otomasi perpustakaan, mulai dari katalogisasi, sirkulasi, OPAC (Online Public Access Catalogue). Lumayan lengkap. info lebih lengkap, silahkan berkunjung ke situsnya openbiblio. yang kali ini mau disampaikan adalah how-to memasang openbiblio di platform linux menggunakan xampp.

kalo belom dipasang xampp-nya, dipasang dulu. donlot xampp-nya dari link di atas, terus tinggal ekstrak ke /opt, pake:

# tar xvzf xampp-linux-versiyangdidonlot -C /opt

nanti akan keluar proses2 yang menunjukkan terjadinya kegiatan dekompresi (caela...dekompresi :D). when you're done, run the lampp using:

# /opt/lampp/lampp start

kalo ngga' ada gangguan, akan keluar info:

Starting XAMPP for Linux 1.6.*...
XAMPP: Starting Apache with SSL (and PHP5)...
XAMPP: Starting MySQL…
XAMPP: Starting ProFTPD…
XAMPP for Linux started

tapi, kadang, adakalanya kita ketemu problem kaya' gini:

/opt/lampp/lampp: line 74: arch: command not found
Starting XAMPP for Linux 1.6.*...
/opt/lampp/lampp: line 74: arch: command not found
/opt/lampp/lampp: line 74: arch: command not found
XAMPP: Starting Apache with SSL (and PHP5)…
/opt/lampp/lampp: line 74: arch: command not found
XAMPP: Starting MySQL...
/opt/lampp/lampp: line 74: arch: command not found
XAMPP: Starting ProFTPD...
XAMPP for Linux started.

hakuna matata my friend! trouble-shootnya seperti ini, edit file arch di /bin/arch dengan teks editor favorit (nano, vim, gedit):

# nano /bin/arch

isi dengan:

uname -m

setelah itu, chmod file arch yang tadi biar bisa dieksekusi:

# chmod +x /bin/arch

okay...next step is...restarting your xampp:

# /opt/lampp/lampp restart

Stopping XAMPP for Linux 1.6.*...
XAMPP: Stopping Apache with SSL...
XAMPP: Stopping MySQL...
XAMPP: Stopping ProFTPD...
XAMPP stopped.
Starting XAMPP for Linux 1.6.*...
XAMPP: Starting Apache with SSL (and PHP5)...
XAMPP: Starting MySQL...
XAMPP: Starting ProFTPD...
XAMPP for Linux started

untuk mencobanya...buka browser kamu, ketikan localhost. nanti kamu akan dibawa ke halaman informasi tentang xampp dengan terlebih dahulu memilih interface bahasa yang akan kamu pake.

okay...sekarang kamu udah punya apache sebagai web server, mysql sebagai server basis data, dah php sebagai bahasa pemograman hanya dengan sekali ketik perintah. ain't that easy? :D.

sekarang, kita mulai install openbiblionya. langkah awal, bikin dulu database mysqlnya. cara paling mudah, lewat phpmyadmin di browser kamu:

http://localhost/phpmyadmin

nama databasenya terserah. kalo saya, OpenBiblio. pake standar yang manualnya kasih :). udah...database dah kebikin. sekarang kita ekstrak openbiblio yang barusan dah kita dongdot:

# tar xvzf namafileopenbiblionya -C /opt/lampp/htdocs

sebelumnya arahkan dulu ke tempat dimana kamu simpen file dongdotan openbiblionya, atau kalo ngga' masukin path lengkapnya. comprente? ;). when you're done extracting the file, first thing you need to do is, editing the database_constants.php file. in it, there are several lines you need to change "OBIB_DATABASE", "OBIB_USERNAME", "OBIB_PWD". adjust it with your-mysql's configuration. if your dbase is not passworded, let the "OBIB_PWD" empty. but i suggest to create a password for your dbase. in xampp, use the option:

# /opt/lampp/lampp security

to secure your xampp configuration. jot down all of your password, in case you forget. all set and done, it's time to install your openbiblio, by typing:

http://localhost/openbiblio/install

as you'll see this page:



next step, still in installation process, you'll find an option whether you'd like to also install a sampe dbase or not. if you would, check the radio button provided in the form. check it, you can instantly use openbiblio by click the link provided.



next, you'll have your own page of openbiblio ready to use, or at least you can do some configuraton using the administrator priveledge. login first by choosing the "Admin" tab. default username would be "admin" and password, also using "admin".




that's it! hope this posting can help to understand how to install openbiblio and using it for your library. there are many choices of library automation softwares that you can choose. one of community that provide you with the access is oss4lib. or...if you prefer local resources (indonesia), you can try senayan and freelib, made by indonesian ;).

more screenshoots, and also the indonesian version of openbiblio which you can download at this page.


(to run the opac, simply insert http://localhost/openbiblio/opac to your browser's address)



(indonesian version of openbiblio)



references:
0. xampp for linux
1. how to install openbiblio
2. forum uin sunan kalijaga
3. install xampp on linux

Komentar

Anonim mengatakan…
mantabs tutorialnya kang arif, soal openbiblio: saya dulu sempet make dan agak kurang sreg dengan alurnya, untuk perpus lokal sepertinya senayan (gpl juga lho) lebih user friendly :D
iya...setelah melihat openbiblio secara langsung, memang senayan jauh lebih baik, baik dari segi tampilan sama alurnya. hidup produk dalam negeri lah :D.
Anonim mengatakan…
mas kalo xampp securitynya dah di aktifin...

dia kan minta pasword pass akses http://localhost/xampp/

usernya apa ya?
@anonymous, coba lamp atau lampp. semoga berhasil :)

Postingan populer dari blog ini

The Great Raid

Udah pernah nonton film yang satu ini? Bagi penggemar film2 action terutama film2 perang dunia ke-2, anda harus nonton film ini. Film ini nyeritain tentang PDII yang terjadi di Asia Pasifik. Buat gue, film ini menambah wawasan tentang kekejaman PDII yang terjadi ngga' hanya di belahan Eropa sana (perang lawan Jerman), tapi juga di kawasan Asia-Pasifik (perang lawan Jepang), CMIIW. Perang di Asia-Pasifik juga ngga' kalah ganasnya dengan yang terjadi di Eropa. Terutama kalo ngeliat perlakuan tentara Jepang terhadap POWs (Prisoner of Wars-red). Film ini mengisahkan tentang pembebasan 500 (sebenernya 512) orang tawanan perang di Camp Cabanatuan yang telah menjadi tawanan selama 3 tahun. Operasi pembebasan ini diinisiasi oleh 6th Army Rangers Batallion, yang dipimpin oleh Letkol Henry Mucci. Untuk strategi diserahkan kepada Kapt. Robert Prince, yang kalo menurut gue, strategi penyerangan dan pembebasan yang luar biasa. Hampir ngga' ada kesalahan, bersiihhh...!!! Kesalahan yang t

Tampilan Terbagi ~ Notepad++

logo notepad++ (sumber wikipedia) Mesti dah pada paham lah, apa itu notepad++ . Ya? Pemahaman sederhana saya, notepad++ merupakan salah satu perangkat penyunting teks yang digunakan, utamanya, untuk menyunting berkas  pemrograman. Tentunya, lingkungan yang digunakan adalah lingkungan sistem operasi MS-Windows. Bisa saja digunakan untuk menyunting hal lain. Atau bahkan membuat berkas teks mandiri guna keperluan selain dari penulisan bahasa pemrograman. Saya ngga' akan menjelaskan panjang lebar tentang apa dan bagaimana aplikasi ini. Yang ingin saya tuliskan di sini hanya, bagaimana membuat tampilan terbagi ( split view ) pada notepad++. Apa guna? Bagi saya, untuk membandingkan isi dari satu skrip (pemrograman) dengan skrip yang lain. Fungsi ini saya perlukan disaat saya ingin melihat perubahan dari skrip yang saya susun (namun memiliki kutu) dengan skrip hasil perbaikan kawan saya. Mari kita mulai dengan gambar pertama. Di bagian ini, kita buka berkas yang ingin kita su

Add new admin user without adding role - SLiMS Short Tutorial

Tulisan ini berisi cara singkat bekerja dengan SLiMS, suatu aplikasi otomatisasi perpustakaan yang dapat diunduh dan dipelajari lewat situs https://slims.web.id . Kali ini akan menjelaskan, apa efeknya apabila kita membuat akun pengguna laman Admin tanpa menambahkan fungsi untuk pengguna tersebut. Fungsi untuk pengguna dapat didefinisikan terlebih dahulu via modul System sub-menu User Group . Yang terjadi, apabila kita membuat pengguna laman admin tanpa menambahkan fungsi kerjanya, seperti yang terlihat pada gambar di atas. Tidak ada modul yang dapat diakses, karena akun pengguna tersebut tidak "ditugaskan" untuk mengakses modul. Setelah mendefinisikan fungsi kerja, jangan lupa dicentang ketika membuat akun pengguna laman Admin. Seperti ditunjukkan pada bagian yang ter- highlight  pada gambar di atas. Setelah itu, dapat dipastikan, akun pengguna tersebut dapat mengakses modul-modul yang telah ditetapkan berdasarkan fungsi kerja yang dibuat. Semoga berma