E500 -- its alive...its alive...

dah lama pengen nyobain buat ngoprek laptop ini. ini laptop sebetulnya dah dipeti-es-kan. terlihat dari sekujur tubuhnya banyak bercak putih-putih (hmmm...itu mah jamur kali yach? :-?). kantor memiliki 2 buah dari spesies ini. namun, karena zaman yang semakin maju (menuntut hardware yang lebih baik), juga akibat kerusakan sana-sini, akhirnya...dionggokin gituh ajah tanpa ada niatan untuk diperbaiki. hlah...katanya kalo dibenerin, sper-part-nya juga dah susah kali. apa iya? (coba, tolong diinformasikeun kalo ada tempat servis yang bisa mbenerin spesies ini :D).

anyway, setelah ngobrol2 sama temen, kita bereksperimen sama salah satu laptop yang punya kondisi "sedikit" lebih baik. cd-rom drive masih baik, socket power masih bagus (ngga' pecah kaya' yang satu lagi), cuman slot usb ajah yang rusak berat. eksperimen dimulai dengan mencoba memasang fluxbuntu. tapi, apa mau dikata, dengan status pengembangan fluxbuntu yang masih release candidate, memang kita menemukan kejanggalan waktu instalasi. fluxbuntu gagal, kita coba install dapper. ternyata...live cd-nya kelamaan nge-load. ngga' sabar, restart, ganti lagi...cobain xubuntu, sama...terlalu lama. maklum...laptop lawas :D. jadilah...kita penasaran, kenapa ngga' coba blankon ajah? dan...alternate installer emang TOBBGTSKLLY (baca: tob buanget sekali la yau!). maksudnya alternate installer, itu loh...yang model instalasinya kaya' CLI, cmiiw. semuanya berjalan dengan sempurna.

setelah ditinggal semaleman (padahal waktu ditinggal pulang, tinggal 20% lagi), akhirnya, blankon terinstall dengan sukses. everything works fine! bahkan...waktu dicolokin ke lcd projector (ini yang bikin gue kagum), tuh lcd projector langsung bisa nampilin gambar dengan sempurna, sekaligus, preview di lcd laptop juga keliatan. jadi ngga' perlu install2 plugin lagi ataw ngoprek xserver. yippi...!!! woiya...kebetulan kita juga punya ethernet card buat wireless. merk dlink airplus. tadinya dah siap2 buat cari how-to biar si wireless card bisa kepake, ternyata, begitu dicolokin, udah bisa langsung dipake, again, tanpa perlu setting apa2 lagi (hmmm...perlu ding, setting networknya :D). aaaahhhh...what a day!!! anyway...here are screenshoots of the armada. enjoy :).

THE ARMADA

Komentar

Postingan Populer