samba - more fun with linux

gue pernah nulis tentang betapa menyenangkannya bermain dan belajar bersama linux. sistem operasi ini memungkinkan kita untuk mengeksplor lebih jauh, dan mengizinkan kita ngga' cuman untuk nginstall, tapi ngoprek lebih jauh bagian2 yang ingin kita oprek tanpa harus takut melanggar hukum (tentunya pada saat ngoprek, kita sudah tahu dan mematuhi aturan main dalam dunia perangkat lunak open source). kegembiraan ini gue temui kembali, dan sangat menyenangkan tentunya pada saat, gue bisa membaca share folder di komputer temen gue. beuh...seneng banget! akhirnya, bisa dengerin lagu2 lain :D. as simple as that. tapi puasnya bo'...to the bone!!!

proses share foldernya juga gampang koq. gue ngga' pake metode ngerubah smb.conf. cukup buka nautilus, cari folder yang mau dishare, klik kanan, pilih share folder. done...terbaca dech di jaringan kita, share folder tersebut. cuman...cuman...ini masalah yang awalnya gue belom tau gimana solusinya. share folder itu isinya ngga' bisa dibaca. ada error message kaya', "could not display bla...bla...bla...". blah...bete! sempet beberapa hari gue anggurin tuh share file, sampe akhirnya...kepikiran buat ganti permissionnya ke 755. gue masih belom tau apakah tindakan ini benar, diizinkan atau tidak. karena, dengan ganti permission si folder ke 755, itu folder bisa kebaca isi-nya. akhirnya!!! woiya, commandnya:

$ chmod -R 755 namafolderyangmaudiubahizinnya

tapi, mentok lagi nich. barusan nyoba nge-share satu folder musik lagi, tapi kali ini, nama foldernya My_Music. langkah2 share sudah dilakukan sama persis seperti waktu share folder yang pertama kali. waktu kebaca di jaringan, dah seneng ajah, makin seru nich dengerin lagu. ternyata...keluar lagi tuh pesen error, "could not display bla...bla...bla...". kenapa yach? ada solusi :D.

Komentar

Postingan Populer