icon aneh

ada yang aneh di desktop gue.

ceritanya, karena pemberian ip diatur lewat dhcp di server kantor, dan karena menurut telkomnya, dns harus di set secara manual (padahal sebelumnya ostosmastis), maka diaturlah dns secara manual lewat network manager. akan tetapi, setiap kali ubuntu di restart, dns-nya selalu berubah, kembali ke ip gateway.

tanya2 ke om gugel, akhirnya ketemu caranya, nge-lock dns biar ngga' berubah-ubah dengan cara ngedit /etc/resolv.conf.

$ sudo gedit /etc/resolv.conf

di dalemnya diisi sama dns yang termaksud:

nameserver xxx.xxx.x.xxx
nameserver xxx.xxx.x.x

setelah disimpen, masukan perintah:

$ sudo chattr +i /etc/resolv.conf <-- untuk merubah attribute resolv.conf agar tidak bisa dirubah (cmiiw)

(optional)
$ sudo chattr -i /etc/resolv.conf <-- untuk merubah attribute resolv.conf untuk bisa dirubah/sunting (again, cmiiw)
(/optional)

beuh..jadi panjang begini. padahal bukan itu yang dimaksud :D. yang dimaksud adalah, ini:




jadi begini, setelah proses sudo2an itu, ngga' lama kemudian byar pet mati lampu 2...eh 3 kali. make ups, cuma tahan sebentar, sebelum akhirnya mati total, sementara lagi running banyak program :(.

okay, setelah dinyalain lagi komputernya, sempet panik, koq jaringan tidak terhubung (perhatiin icon network manager yang ada tanda "x" merah). periksa kabel, ngga' ada masalah. telepon admin, dia bilang jaringan bagus. cek di dalem network managernya sendiri, semuanya normal. tapi koq...tanda "x" merah itu ngga' ilang. iseng2, gue coba ping ke gateway sama dns, eh...koq ya reply!!!

ada yang pernah ngalamin hal yang sama? dan...apakah ini efek dari perintah2 yang gue execute sebelumnya? gue sendiri juga binun :D.

Komentar

Himura™ mengatakan…
bisa jadi karena ente configurenya pake manual, jadi network managernya nggak tau.
buitenzorg812 mengatakan…
apa iya? tapi ya...selama masih ada koneksi, icon aneh kaya' gitu ngga' masalah :P.

Postingan Populer