ubuntu-id land coffe

land coffee? ya...terjemahan bebas buat "kopi darat" :P. entah dah berapa banyak ubuntu-iders yang nulis tentang "fenomena" ini. tulisan ini ngga' penting sebenernya, karena tulisan oleh yang lain, lebih penting buat dibaca. this post?! rubish :P.

okey...awalnya dimunculin thread kopi darat di milis ubuntu-id, ngga' tertarik sama sekali buat dateng. hlah, bukan weekend, malem pula! secara...sekarang dah ada "buntut" :">. tapi...mendekati hari h (englishnya d day :D), keinginan untuk ikutan kopi darat semakin menggelora. ya...walopun ngga' yakin juga nyonya setuju apa ngga' kalo saya ikutan. tapi yach...dengan mengucap bismillah dan tekad yang kuat, sampailah saya di terminal bis. hloh...terminal bis? lha iya...gimana caranya mau ke ibis slipi? jalan kaki? bisa juga, tapi mungkin pas nyampe sana, yang ada...pestanya bubar! bisa naek kereta, tapi...hmmm...naek 2 kali. turun cawang, nunggu bis lagi. uuuhhhh...cape dech :(. kembali ke...terminal! begitu naek bis, harapannya langsung berangkat. kenyataannya, ngetem dulu nunggu penuh. aaarrrgggghhhh!!! yang kaya' begini nich, bikin jantung kembang kempis (idung kali...), hati kebat-kebit, pantat kentat-kentut, khawatir telat dan dimarahin om belutz :D (sori om namanya dicatut).

akhirnya bis berangkat, dan kurang lebih dalam waktu 1 jam 15 menitan, sampelah saya di slipi. jalan dikit ketemu dech hotel ibis. tanya sama satpam, ketemu juga coffe shopnya. waaaaahhhh...deg2an. lha wong baru kali ini kumpul sama temen2 komunitas yang sehari-hari ketemunya dimilis doanq. alhamdulillah ternyata belom telat2 banget. diskusi baru dimulai dengan ngebahas perihal komunitas. makin malem, makin banyak yang dateng. pak rus, dkk., pak toosa, dkk., makin rame pokoknya. menurut pengamatan, jumlahnya melebihi pendaftaran dimilis. ngga' cuma ngebahas tentang komunitas, juga ikut dibahas kemungkinan komunitas menjadi jembatan untuk dukungan komersial, untuk jaga2 siapa tau kawan2 di ubuntu-id banyak dibutuhkan tenaganya sebagai dukungan teknis pengenalan linux sebagai bagian untuk fundraising komunitas. biar komunitas bisa mandiri, intinya. proyek translasi sama edubuntu jadi topik yang cukup seru didiskusi malam itu. proyek translasi ditujuin buat temen2 yang secara teknis ngga' bisa dukung, tapi ingin ngebantu komunitas untuk ngenalin linux ataw ubuntu pada khususnya ke masyarakat luas dengan mempermudah akses ke dokumentasi. imho, dokumentasi menjadi penting, karena dengan banyak baca, kita jadi banyak ngerti dan tau. banyak baca, bahannya juga harus ada berarti. kalo bahannya ngga' ngerti, palagi ditulis dalam bahasa non-indonesia, berabe khan. alih2 pengen maju, malah mandek ditengah jalan. bisa nanya sich ke milis, tapi adakalanya kita ingin mencoba sendiri memecahkan suatu masalah. kalo dah mentok...tok...tok...baru tanya kemilis.

lanjut...tentang edubuntu, pak toosa kembali meminta komitmen temen2 komunitas, terutama yang sudah tergabung dalam tim edubuntu-id. pak toosa juga minta izin kepada komunitas untuk "memutihkan" tim yang ada sekarang, untuk melihat kembali komitmen kawan2 yang lain untuk menyemarakan edubuntu-id. terakhir, sebelum bubar, kalo ngga' salah (ya...bener donq!) kita ngebicarain tentang persiapan komunitas untuk fki (festival komputer indonesia) yang sedianya diadain 27 juni ampe 1 juli '07.

selesai? ya...secara bahasan belom. karena masih satu obrolan lagi yaitu tentang blankon konde. tapi berhubung malam sudah semakin pekat, udara dah semakin dingin, om sabri selaku moderator mempersilahkan kawan2 yang ingin pulang duluan. sebagian besar memilih pulang, sebagian kecil, imho merupakan bagian dari konde steering, nerusin obrolan ke arah yang lebih serius, ngebahas blankon konde. belom ada thread tentang blankon konde lagi di milis ubuntu-id sampe dengan sore tadi. entah sudah secara resmi obrolan konde dipindah ke milis blankon ataw memang...belom ada yang kirim thread ajah? :D.

pulang penuh dengan senyuman, karena bisa belajar banyak hari ini. ketemu temen2, silaturahmi dan berbagi pikiran. oh...indahnya hidup di dunia ini kalo kita semua bisa bergandengan tangan. tanpa ribut2, tapi bisa memberikan sesuatu untuk indonesia ini agar menjadi "sesuatu" yang lebih baik :). thank you guys, nice to see all of you. can't hardly wait for the next "land coffe".

woiya, lupa. inti tulisan di atas terinspirasi dari tulisan temen2 yang dah posting duluan tentang ketemuan di ibis ini. tulisan saya, cuman nge-grecokin ajah ;), enjoy.

n.b. imtheface, fotonya lom sempet diaplot kemana-mana. maklum koneksi dialup plus dah pagi dan belom mandi. ntar yach kalo dah masuk kantor lagi :D.

Komentar

Postingan Populer