dapper dan OOo_2.1

postingan sebelumnya, berceloteh tentang proses instalasi OOo_2.1 yang pada akhirnya berjalan dengan sukses. informasi tambahan, instalasi OOo_2.1 terakhir dilakukan pada mesin dapper dengan source OOo_2.1 format .tar.gz yang sudah di alien supaya jadi .deb.

awalnya ngga' ada masalah, sampe keesokan harinya, dapper ngasih tau kalo ada masalah sama OOo_2.1. ada semacam broken package di repository. akhirnya, diputuskan buat melakukan apt-get update dilanjutin sama apt-get dist-upgrade. perintah terakhir ngga' lancar, karena, ya itu tadi, katanya ada broken package dan harus diperbaiki. dikasih alternatif buat masukin apt-get install -f. akhirnya proses dist-upgrade berjalan dengan lancar, sampe keluar pilihan, bahwa akan me-remove paket2 hasil instalasi OO0_2.1. wah...koq yach bisa begini (sambil garuk2 kepala padahal ngga' gatel). syukurnya instalasi di edgy pake paket instalasi .tar.gz ngga' bermasalah. walopun harus install ulang thunderbird.

yo wis, akhirnya diputuskan untuk me-yes-kan pilihan yang ada. hasilnya...OOo_2.1 yang kemaren dah terinstall, TERHAPUS dari sistem dengan sukses, menyisakan shortcut yang ngga' bisa dipake. akhirnya, instal lagi OOo_2.0.

kenapa yach? apa memang OOo_2.1 bermasalah dengan dapper ataw...proses instalasinya emang salah dari awal?

Komentar

imtheface mengatakan…
Weeh makin mantab aja nih om satu ini. hehehe ditunggu sharing2 nya lagi.
arief mengatakan…
pada dasarnya, paket OOo (yang .tar.gz) didesain untuk diinstall secara biasa (ekstrak di /usr/local/) bukan diconvert dengan alien lalu langsung diinstall.

jangan mengasumsikan semua paket (.tar.gz, .rpm, atau kawan2nya) bisa diconvert ke .deb dengan alien lalu mulus diinstall, karena sistem anda bisa rusak dengan "dependency hell" seperti yang anda alami.


good luck :D

Postingan Populer