OOo_2.1

my dear, akhirnya gue bisa menikmati OpenOffice_2.1. Seperti review sekilas dari temen2, OOo_2.1 dari segi loading jauh lebih cepet dibandingin OO0_2.0 (CMIIW). ya...proses instalasinya sendiri sebenernya gampang. tersedia 2 source program OOo_2.1, mau yang format tar.gz atau udah dalam format .deb. apa yang ditulis di sini, berdasarkan hasil sharing temen2 di milis, sama di bodmas.

kalo donlot dah berhasil, buat yang make format .tar.gz, sebelumnya install dulu alien. program ini dipake buat merubah format .rpm ke .deb.
$ sudo apt-get install alien

oiya, sebelumnya...sebelumnya, uninstall dulu si openoffice versi sebelumnya, bisa pake:
$ sudo apt-get remove --purge openoffice.org* (makasih buat mas arynur)

kalo udah terinstal, unpack si .tar.gz itu pake:
$ tar zxvf namafile.tar.gz

kalo saran dari bodmas, nama folder hasil unpack tadi bisa diganti pake nama yang lebih sederhana, kasus gue, pake nama OOo_2.1. kalo udah, masuk ke direktori OOo_2.1 (hasil unpack) terus cari folder RPMS. masuk ke direktori RPMS, terus lakukan ini:
$ sudo alien --script --keep-version *.rpm

tunggu proses sampe selesai, lalu hapus semua file *.rpm:
$ rm *.rpm

kalo udah, tinggal install semua file *.deb pake:
$ sudo dpkg -i *.deb

setelah proses instalasi selesai, masuk ke folder desktop-integration, hapus semua file yang ada di folder ini kecuali yang berekstension .deb. kalo udah, masukin perintah:
$ sudo dpkg -i *.deb

eng...ing...eng...akhirnya kita bisa menikmati OpenOffice.org_2.1, lewat application-->office, dan tampilannya, IMHO, enakan lah, ngga' terlalu kaku.

again, tuts ini diambil dari berbagai sumber, seperti yang udah disebutin di atas. enjoy your OOo_2.1 :).

Komentar

Postingan Populer