Winisis

walopun dah cukup lama ngedenger keberadaan ubuntu (baca postingan ini), satu hal yang ngeganjel gue untuk nggaa' segera install linux adalah, belom kompatibelnya linux untuk aplikasi database yang gue pake, yaitu WinIsis, CDS-ISIS for Windows yang dikembangin sama Unesco. tapi, salah satu postingan di milis tetangga membangunkan gue dari keterlenaan (thanks to mas adi_sujiwo). dengan mengucap basmallah, gue mantap buat nginstall linux.

berdasarkan e-mail mas adi, untuk menjalankan winisis, perlu program yang namanya wine. di ubuntu, untuk install wine, masukin ini di konsole:

$ sudo apt-get install wine

setelah wine terpasang, jalankan wine dengan perintah:

$ winefile

nantinya, akan keluar window seperti ini:



oiya, sebelum memulai menjalan winisis, hal terpenting, kopikan file hasil instalasi winisis (yang kalo di windows biasanya disimpen di c:/winisis) ke direktori wine di .../.wine/drive_c. setelah semua file terkopikan, baru kita bisa mulai menjalankan winisis.

kembali ke winefile, setelah masuk ke window wine, masuk ke direktori home kita (kalo punya gue /home/buitenzorg812), lalu dilanjutkan ke direktor /.wine/drive_c/WINISIS. temukan file WISIS.EXE. klik 2x di file tersebut, dan...winisis pun bisa berjalan di dalam ubuntu.



untuk lebih detailnya, baca ini yach :).

Komentar

Postingan Populer