Ubuntu progress

ngga' kerasa, pelan tapi pasti dah mulai bisa ninggalin ms-win. dah 3 bulan (mungkin lebih) kalo ngeliat postingan terakhir, gue make ubuntu. makin lama, makin berasa enaknya. okeh...loe mungkin butuh koneksi internet buat apdet2 segala macem, palagi kalo fresh-install. kelemahan ubuntu, IMHO, kurang multimedia. standar instalasi, ubuntu nyediain rhytimbox buat dengerin lagu, tapi ngga' bisa muter file2 mp3. buat nonton pelem, ada totem movie player, tapi...ngga' bisa muter ekstensi2 file yang biasa kita pake kalo mau nonton film di ms-win. walhasil, biar ngga' sayang tuh rhytimbox sama totem, kita harus donlot beberapa paket kaya' gstreamer, dll (liat di sini). tapi diluar itu, kalo kita ingin merasakan sesuatu yang baru selain ms-win, ubuntu mungkin bisa jadi salah satu pilihan. dan dijamin, ngga' bakalan nyesel nyobainnya.

ubuntu yang gue pake, make gnome sebagai desktop environmentnya. biar tampilannya ngga' nge-bete-in, gnome-look bisa disambangi.

tanpa mengurangi rasa hormat, buat dengerin lagu gue pake vlc. player ini dah all-in. maksudnya, ngga' usah install gstreamer dkk, loe dah bisa langsung muter mp3, muter film dari vcd atawa dvd. lengkap dech. sebenernya banyak pilihannya sich. ada xmms, beep media player, buat alternatif pemutar mp3. 2 software terakhir tampilannya ngga' beda jauh sama winamp.

hmmm...kebetulan gue lagi demen olah digital, dalam satu paket instalasi, ubuntu dah nyediain gimp sebagai image editor. kalo dah biasa pake photoshop, dijamin, kalo rajin ngoprek, pasti cepet bisa make gimp. filter2nya juga ngga' kalah bagus sama photoshop.

demen ceting? ngga' ketinggalan ada gaim, yang bisa dipake kalo loe punya yahoo!id, msn, jabber, irc, icq. dari segi tampilan emang masih kalah yahud dibanding yahoo! messenger. tapi, sudah lebih dari cukup buat menuhin hasrat ngobrol di dunia maya.

buat browsing, sebenernya ubuntu ngasih firefox. tapi belakangan, ternyata ada masalah penggunaan logo firefox. lebih lengkapnya, baca di sini. ada beberapa alternatif yang gue pake sekarang, swiftfox, seamonkey dan lolifox, ataw malah pengen make opera? ngga' masalah! yang penting, semua tersedia...gratis!

jadi...siap buat keluar dari "zona nyaman"? buat inspirasi, coba baca ini.

Komentar

Postingan Populer