Langsung ke konten utama

Tizonia ~ enjoy listening to spotify with cli

Ternyata, tidak selamanya, barang baru, memberikan kepuasan yang sama, dengan barang yang lama.

Ceritanya, kantor menugaskan sebuah laptop (baru) untuk saya gunakan. Padahal, laptop yang saya gunakan sebelumnya pun tidak ada masalah dan saya senang menggunakannya. Baiklah, mari kita gunakan laptop tersebut.

Kemudian, untuk menghemat penggunaan resource (baca: RAM) pada laptop yang saya gunakan, saya mencoba menghemat segalanya. Termasuk, salah satu hal yang masuk dalam daftar, penggunaan player untuk memutar musik.

Sejak menggunakan Spotify, praktis saya sudah tidak mengunduh (secara fisik berkas) lagu-lagu yang hendak saya dengarkan. Pemutar Spotify yang saya pasang pada sistem operasi yang saya gunakan, rasa-rasanya semakin memberatkan kinerja laptop yang saya gunakan, ketika saya ingin bekerja multitasking. Membuka banyak tab pada peramban serta mendengarkan lagu. Membuka beberapa tab data pada aplikasi penyunting berkas, dan lain-lain.

Beberapa kali saya membaca tentang bagaimana pengguna sisop berbasis GnU/Linux mendengarkan musik melalui cli (command line interface). Kemudian saya mencoba mencari tahu, untuk mencari apa yang bisa saya temukan, terutama bagi saya, penikmat lagu via Spotify. Lalu saya menemukan project ini, tizonia.

Dijalankan via cli, pemasangan aplikasi ini pun cukup mudah. Dengan metode instalasi melalui Snap, Anda sudah tidak direpotkan dengan penambahan repositori. Cukup aktifkan instalasi melalui Snap pada sistem operasi yang Anda gunakan, kemudian Anda tinggal memilih aplikasi apa yang akan Anda pasang melalui repositori Snap.

Pada sistem operasi yang saya gunakan, GnU/Linux Fedora, setelah saya mengkonfigurasikan sistem operasi tersebut untuk terkoneksi ke repositori Snap, untuk memasang tizonia, jalankan perintah:

$ sudo snap install tizonia #Anda akan mendapatkan versi stabil

Setelah terpasang, Anda bisa memulai dengan membaca --help pada aplikasi tersebut.

$ tizonia --help

Apabila Anda pengguna Spotify seperti saya, masukkan perintah:

$ tizonia --help spotify

Anda akan diarahkan pada cara-cara bagaimana mengakses lagu-lagu pada akun Spotify Anda.

Catatan:
Anda harus terdaftar sebagai pengguna Spotify Premium untuk bisa memutar lagu-lagu pada akun Spotify Anda. Setidaknya informasi tersebut yang saya dapatkan pada situs tizonia.

Sebelum mengakses lagu-lagu pada akun Spotify Anda, sebelumnya Anda harus mendefinisikan username dan password yang Anda gunakan untuk mengakses akun Spotify. Konfigurasi tersebut berada dalam berkas tizonia.conf di dalam direktori ~/snap/tizonia/current/.config/tizonia.

Cari baris konfigurasi akun Spotify, kemudian masukan kredensial akun Spotify Anda.

# Spotify configuration
# -------------------------------------------------------------------------
# To avoid passing this information on the command line, uncomment
# and configure accordingly
#
spotify.user     = username
spotify.password = password

Setelah itu, simpan perubahan yang sudah dilakukan.

Mari kita mulai mengeksplorasi Spotify. Masukkan perintah:

$ tizonia --help spotify

untuk mendapatkan bantuan tentang akses Spotify pada tizonia. Sebagai contoh, saya menjalankan perintah ini untuk mendapatkan track lagu dari Selena Gomez:

$ tizonia --spotify-artist "Selena Gomez"

tizonia akan memberikan daftar lagu-lagu terkait artis Selena Gomez dan memainkannya.

Untuk mengatur posisi lagu yang diputar, informasinya dapat diakses lewat perintah:

$ tizonia --help keyboard

Sayangnya, masih belum ada opsi untuk memutar secara acak. Semoga pada pengembangan berikutnya, fitur ini bisa diadakan.

Demikian. Selamat bernyanyi dan bergoyang!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Great Raid

Udah pernah nonton film yang satu ini? Bagi penggemar film2 action terutama film2 perang dunia ke-2, anda harus nonton film ini. Film ini nyeritain tentang PDII yang terjadi di Asia Pasifik. Buat gue, film ini menambah wawasan tentang kekejaman PDII yang terjadi ngga' hanya di belahan Eropa sana (perang lawan Jerman), tapi juga di kawasan Asia-Pasifik (perang lawan Jepang), CMIIW. Perang di Asia-Pasifik juga ngga' kalah ganasnya dengan yang terjadi di Eropa. Terutama kalo ngeliat perlakuan tentara Jepang terhadap POWs (Prisoner of Wars-red). Film ini mengisahkan tentang pembebasan 500 (sebenernya 512) orang tawanan perang di Camp Cabanatuan yang telah menjadi tawanan selama 3 tahun. Operasi pembebasan ini diinisiasi oleh 6th Army Rangers Batallion, yang dipimpin oleh Letkol Henry Mucci. Untuk strategi diserahkan kepada Kapt. Robert Prince, yang kalo menurut gue, strategi penyerangan dan pembebasan yang luar biasa. Hampir ngga' ada kesalahan, bersiihhh...!!! Kesalahan yang t

Tampilan Terbagi ~ Notepad++

logo notepad++ (sumber wikipedia) Mesti dah pada paham lah, apa itu notepad++ . Ya? Pemahaman sederhana saya, notepad++ merupakan salah satu perangkat penyunting teks yang digunakan, utamanya, untuk menyunting berkas  pemrograman. Tentunya, lingkungan yang digunakan adalah lingkungan sistem operasi MS-Windows. Bisa saja digunakan untuk menyunting hal lain. Atau bahkan membuat berkas teks mandiri guna keperluan selain dari penulisan bahasa pemrograman. Saya ngga' akan menjelaskan panjang lebar tentang apa dan bagaimana aplikasi ini. Yang ingin saya tuliskan di sini hanya, bagaimana membuat tampilan terbagi ( split view ) pada notepad++. Apa guna? Bagi saya, untuk membandingkan isi dari satu skrip (pemrograman) dengan skrip yang lain. Fungsi ini saya perlukan disaat saya ingin melihat perubahan dari skrip yang saya susun (namun memiliki kutu) dengan skrip hasil perbaikan kawan saya. Mari kita mulai dengan gambar pertama. Di bagian ini, kita buka berkas yang ingin kita su

Add new admin user without adding role - SLiMS Short Tutorial

Tulisan ini berisi cara singkat bekerja dengan SLiMS, suatu aplikasi otomatisasi perpustakaan yang dapat diunduh dan dipelajari lewat situs https://slims.web.id . Kali ini akan menjelaskan, apa efeknya apabila kita membuat akun pengguna laman Admin tanpa menambahkan fungsi untuk pengguna tersebut. Fungsi untuk pengguna dapat didefinisikan terlebih dahulu via modul System sub-menu User Group . Yang terjadi, apabila kita membuat pengguna laman admin tanpa menambahkan fungsi kerjanya, seperti yang terlihat pada gambar di atas. Tidak ada modul yang dapat diakses, karena akun pengguna tersebut tidak "ditugaskan" untuk mengakses modul. Setelah mendefinisikan fungsi kerja, jangan lupa dicentang ketika membuat akun pengguna laman Admin. Seperti ditunjukkan pada bagian yang ter- highlight  pada gambar di atas. Setelah itu, dapat dipastikan, akun pengguna tersebut dapat mengakses modul-modul yang telah ditetapkan berdasarkan fungsi kerja yang dibuat. Semoga berma