Tizonia ~ enjoy listening to spotify with cli

Ternyata, tidak selamanya, barang baru, memberikan kepuasan yang sama, dengan barang yang lama.

Ceritanya, kantor menugaskan sebuah laptop (baru) untuk saya gunakan. Padahal, laptop yang saya gunakan sebelumnya pun tidak ada masalah dan saya senang menggunakannya. Baiklah, mari kita gunakan laptop tersebut.

Kemudian, untuk menghemat penggunaan resource (baca: RAM) pada laptop yang saya gunakan, saya mencoba menghemat segalanya. Termasuk, salah satu hal yang masuk dalam daftar, penggunaan player untuk memutar musik.

Sejak menggunakan Spotify, praktis saya sudah tidak mengunduh (secara fisik berkas) lagu-lagu yang hendak saya dengarkan. Pemutar Spotify yang saya pasang pada sistem operasi yang saya gunakan, rasa-rasanya semakin memberatkan kinerja laptop yang saya gunakan, ketika saya ingin bekerja multitasking. Membuka banyak tab pada peramban serta mendengarkan lagu. Membuka beberapa tab data pada aplikasi penyunting berkas, dan lain-lain.

Beberapa kali saya membaca tentang bagaimana pengguna sisop berbasis GnU/Linux mendengarkan musik melalui cli (command line interface). Kemudian saya mencoba mencari tahu, untuk mencari apa yang bisa saya temukan, terutama bagi saya, penikmat lagu via Spotify. Lalu saya menemukan project ini, tizonia.

Dijalankan via cli, pemasangan aplikasi ini pun cukup mudah. Dengan metode instalasi melalui Snap, Anda sudah tidak direpotkan dengan penambahan repositori. Cukup aktifkan instalasi melalui Snap pada sistem operasi yang Anda gunakan, kemudian Anda tinggal memilih aplikasi apa yang akan Anda pasang melalui repositori Snap.

Pada sistem operasi yang saya gunakan, GnU/Linux Fedora, setelah saya mengkonfigurasikan sistem operasi tersebut untuk terkoneksi ke repositori Snap, untuk memasang tizonia, jalankan perintah:

$ sudo snap install tizonia #Anda akan mendapatkan versi stabil

Setelah terpasang, Anda bisa memulai dengan membaca --help pada aplikasi tersebut.

$ tizonia --help

Apabila Anda pengguna Spotify seperti saya, masukkan perintah:

$ tizonia --help spotify

Anda akan diarahkan pada cara-cara bagaimana mengakses lagu-lagu pada akun Spotify Anda.

Catatan:
Anda harus terdaftar sebagai pengguna Spotify Premium untuk bisa memutar lagu-lagu pada akun Spotify Anda. Setidaknya informasi tersebut yang saya dapatkan pada situs tizonia.

Sebelum mengakses lagu-lagu pada akun Spotify Anda, sebelumnya Anda harus mendefinisikan username dan password yang Anda gunakan untuk mengakses akun Spotify. Konfigurasi tersebut berada dalam berkas tizonia.conf di dalam direktori ~/snap/tizonia/current/.config/tizonia.

Cari baris konfigurasi akun Spotify, kemudian masukan kredensial akun Spotify Anda.

# Spotify configuration
# -------------------------------------------------------------------------
# To avoid passing this information on the command line, uncomment
# and configure accordingly
#
spotify.user     = username
spotify.password = password

Setelah itu, simpan perubahan yang sudah dilakukan.

Mari kita mulai mengeksplorasi Spotify. Masukkan perintah:

$ tizonia --help spotify

untuk mendapatkan bantuan tentang akses Spotify pada tizonia. Sebagai contoh, saya menjalankan perintah ini untuk mendapatkan track lagu dari Selena Gomez:

$ tizonia --spotify-artist "Selena Gomez"

tizonia akan memberikan daftar lagu-lagu terkait artis Selena Gomez dan memainkannya.

Untuk mengatur posisi lagu yang diputar, informasinya dapat diakses lewat perintah:

$ tizonia --help keyboard

Sayangnya, masih belum ada opsi untuk memutar secara acak. Semoga pada pengembangan berikutnya, fitur ini bisa diadakan.

Demikian. Selamat bernyanyi dan bergoyang!

Komentar

Postingan Populer