Failed with result: mariadb.service

Hi. It's been a long time.

Dimulai dengan keinginan untuk men-downgrade versi MySQL. Ceritanya, saya mau gaya-gaya-an dengan selalu menggunakan versi perangkat lunak terbaru. Termasuk, MySQL ini. Namun ternyata, keterkinian tersebut menghambat saya dalam membantu pengembangan SLiMS.

Proses downgrade pun tidak selalu mulus. Mungkin karena saya memulainya dengan langkah yang tidak tepat. Jadi, semestinya langkah-langkahnya seperti ini:

  1. Non-aktifkan repo MySQL Community Server;
  2. Uninstall versi MySQL versi terkini yang terpasang.
  3. Dan seterusnya.
Oia, saya menggunakan Fedora 30. Ketika saya sudah menon-aktifkan repo, kemudian saya pasang ulang kembali MySQL-nya, via repo default Fedora, pesan galat masih saja muncul. Saya masih tetap tidak bisa menjalankan layanan MySQL.


Kemudian, hasil bacaan "journalctl -xe" begini:


Bolak balik lepas, pasang, lepas, pasang paket, hasilnya begitu aja. Sampai akhirnya saya menemukan, kurang lebih solusinya, di sini, https://tinyurl.com/yyqv28wy. Thread lama. 2014. Tapi masih relevan. Masuk akal. Karena saya sempat berfikir, mesti harus ada yang dibersihin dari pemasangan sebelumnya. Tapi saya nggak bisa menerka-nerka, apa yang harus dibersihkan. Hahaha.

Solusinya? Bersihkan pangkalan data dari pemasangan sebelumnya. Kalau memang ada, pangkalan data yang berada di dalam direktori /var/lib/mysql. Peringatan dalam thread tersebut sederhana, kalau memang pangkalan data yang ada di dalam direktori tersebut tidak dianggap penting, silahkan hapus. Jadi catatannya, backup sebelum dihapus.

Memang tokcer sich, cara yang disarankan pranala tersebut. Jadi:
  1. systemctl stop mariadb.service;
  2. dnf remove mariadb-server;
  3. cd /var/lib && rm -rfv mysql;
  4. dnf install mariadb-server.
Perintah nomor 3 sich yang petjah. Setelah semua pangkalan data dari pemasangan berikutnya dibersihkan, akhirnya layanan mariadb bisa berjalan dengan lancar lagi. Oia, perintah-perintah tersebut di atas dieksekusi dengan user root ya.

Gitu deh. Senang rasanya. Semoga bermanfaat. Kalau ada saran atau perbaikan atau metode yang lebih baik, silahkan tuliskan dalam komentar ya. Terima kasih.

Komentar

Postingan Populer