XAMPP for MS-Windows: Creating root password and securing PHPMyAdmin login in localhost

Sebetulnya yang saya lakukan ini hanya untuk mesin percobaan/eksperimen. Beberapa bahan bacaan yang saya pernah ikuti menyarankan untuk tidak menggunakan XAMPP sebagai bagian dari mesin produksi. Cmiiw. Tapi bisa jadi, mungkin saja, ada yang tidak ingin repot-repot melakukan konfigurasi pada mesinnya dengan menggunakan XAMPP sebagai perangkat lunak peladen web.

Sebagai catatan, phpMyAdmin yang sudah diamankan dalam tulisan ini tetap tidak akan bisa diakses melalui jaringan, karena secara baku, phpMyAdmin dalam XAMPP tidak diizinkan, lewat konfigurasinya, untuk diakses dalam jaringan. Apa yang dipaparkan dalam tulisan ini hanya cara bagaimana cara menyetel password pengguna root pada akses MySQL dalam XAMPP serta korelasinya dengan phpMyAdmin.

Sebetulnya, cara untuk memasang password pada pengguna root MySQL sudah disediakan dalam HOW-TO guides yang diberikan pada laman dashboard (localhost/dashboard). Dalam tautan HOW-TO guides tadi, silahkan klik tautan dengan judul, "http://localhost/dashboard/docs/reset-mysql-password.html."

Ketika kita sudah mendefinisikan password untuk pengguna root MySQL pada XAMPP, biasanya, kejadiannya, phpMyAdmin kemudian tidak bisa diakses dan muncul pesan galat pada peramban, seperti ini:

Gambar 1. Pesan galat setelah pengguna root diberikan password

Kemudian, bagaimana caranya supaya phpMyAdmin bisa diakses kembali dalam localhost dengan kondisi pengguna root sudah diberikan password? Pernah dengar adminer? Adminer memiliki fungsi seperti phpMyAdmin. Bisa mengakses data MySQL lewat peramban. Tinggal pasang adminer, selesai. Tetapi, ada saja yang tidak nyaman menggunakan adminer. Lebih familiar menggunakan phpMyAdmin, katanya.

Kembali ke pertanyaan awal, bagaimana? Caranya, silahkan buka berkas config.inc.php yang berada di dalam direktori phpMyAdmin pada XAMPP. Cari baris ini:
$cfg['Servers'][$i]['auth_type'] = 'config';
kemudian ubah menjadi seperti ini:

$cfg['Servers'][$i]['auth_type'] = 'cookie'; 
Simpan perubahan yang dilakukan, kemudian segarkan tautan phpMyAdmin yang memberikan pesan galat tadi. Hasilnya nanti seperti ini:


Gambar 2. phpMyAdmin bisa diakses kembali dengan memasukkan password


phpMyAdmin telah dapat diakses dalam localhost menggunakan password yang telah kita setel sebelumnya.

Demikian, semoga membantu. Silakan tulis pada komentar apabila ada yang perlu ditambahkan atau diperbaiki pada tulisan ini. Terima kasih.

Komentar

Postingan Populer