Debian 9 Stretch su Authentication Failure

Akhirnya, itu di sini. Debian 9. Stretch. Apa yang saya rasakan ketika versi ini dirilis untuk publik? Sebagai pengguna rata-rata, artinya, menggunakan sistem operasi untuk kegiatan sehari-hari yang sifatnya administratif, rasanya sama sama ketika saya mencoba menggunakan distribusi lain, seperti versi sebelumnya, Debian 8 Jessie atau OpenSUSE atau Ubuntu dan atau atau lainnya. Bisa jadi berbeda, bagi pengguna GnU/Linux dengan pemahaman lebih baik, misal bagi Administrator Sistem, bagi para pengembang perangkat lunak, bahkan bagi para pengembang sistem operasi.

Tapi bukan itu yang mau saya bahas pada tulisan kali ini. Tepatnya, lebih kepada kelakuan yang berbeda dari versi sebelumnya. Saya belum sempat menelusuri, apakah kelakuan ini sudah masuk ke dalam daftar kutu atau sebetulnya bahkan bukan kutu sama sekali.

Perlengkapan pada mesin yang saya gunakan adalah:

  1. Citra live Debian 9 Stretch yang saya unduh dari sini, https://cdimage.debian.org/debian-cd/current-live/amd64/iso-hybrid/
  2. Perangkat lunak VirtualBox versi 5.1.22
  3. Ubuntu Mate 16.04 sebagai OS host
Proses pemasangan berjalan dengan lancar. Setiap proses dilalui dengan baik termasuk proses ketika pemasang menanyakan password untuk akun root. Sebagai informasi, Debian termasuk salah satu distribusi yang menggunakan dua akun ketika proses pemasangan. Akun root sebagai administrator atau pengguna super, kedua adalah akun biasa yang kita pilih nama akunnya sesuai dengan kesukaan masing-masing. Kembali ke penanyaan password untuk akun root, tidak ada pesan galat apapun ketika proses ini selesai.

Dengan asumsi bahwa tidak adanya pesan galat selama proses pemasangan artinya pemasangan berjalan dengan lancar, maka pertama kali yang saya coba adalah akses akun pada terminal. Untuk memanggil akun root, saya biasa menggunakan perintah "su." Di sinilah pesan galat pertama kali keluar. Authentication failure. Saya merasa sudah memasukkan kata kunci yang benar. Setelah dicoba beberapa kali, tetap saja muncul pesan galat yang sama.

Bagaimana dengan perintah "sudo -s."? Perintah ini biasanya saya gunakan untuk memanggil akun biasa dengan fungsi administrasi. Muncul pesan galat yang berbeda. Alasannya, karena akun yang kita panggil, belom masuk ke dalam daftar sudoers. Tapi ini beda, saya akan ceritakan pada tulisan yang berbeda.

Kembali ke pesan galat Authentication failure, saya bahkan mencoba memasang ulang Debian 9 dan mencatat password akun root yang saya buat. Hasilnya? Tetap muncul pesan galat yang sama. Lantas, bagaimana bisa mengeksekusi perintah-perintah yang memerlukan akses administratif, sementara masuk ke dalam akun dengan akses administratif pun tidak bisa.

Akhirnya, coba cari jawaban via Google. Cukup lama, sampai akhirnya mendapatkan titik terang lewat tulisan pada blog ini, http://debian-bits-and-snips.blogspot.co.id/2011/07/root-password-recovery.html. Tautan tersebut dimuat pada salah satu forum diskusi daring. Saya lupa untuk menyimpan tautan forum diskusinya. Pada tautan tersebut, disebutkan bahwa dimungkinkan untuk merubah password akun root. Caranya?

Caranya begini. Nyalakan terlebih dahulu mesin yang telah terpasang Debian 9 atau mula-ulang sistem operasinya sampai muncul tampilan grub seperti gambar di bawah:



Seperti yang terlihat pada gambar, pilih pada menu yang ter-highlight, yang selanjutnya akan membawa kita pada menu berikutnya, seperti gambar di bawah:


Kemudian pilih menu yang ter-highlight, seperti yang dicontohkan oleh gambar dan diikuti dengan menekan tombol "e" pada papan kunci untuk mulai menyunting perintah sebelum boot ke dalam sistem operasi.

Setelah menekan tombol "e" maka akan muncul tampilan perintah seperti gambar di bawah:


Arahkan kursor pada baris yang dimulai dengan kata "linux" lalu tekan tombol "end" pada papan kunci untuk pergi ke akhir baris. Lantas pada akhir baris tambahkan satu spasi, lalu masukkan perintah "init=/bin/bash rw." Setelah memasukkan perintah tersebut, tekan kombinasi kunci ctrl+x atau F10 untuk boot ke dalam sistem. Berdasarkan tulisan di blog ini [1], baris perintah tadi akan membawa kita ke dalam lingkungan /bin/bash, alih-alih ke dalam lingkungan init yang biasa, seperti pada gambar di bawah:


Setelah masuk, seperti pada gambar di atas, masukkan perintah "passwd." Lalu kita diminta untuk memasukkan password yang baru. Segera masukkan password yang baru, setelah itu boot ulang sistem operasi dengan memasukkan perintah "reboot." Kalau melihat gambar di atas, perintah "reboot" sepertinya malah mengeluarkan pesan galat. Tambahkan opsi "-f" setelah perintah awal, maka dijamin, sistem akan memula-ulang, automagically.

Setelah memula-ulang dan masuk ke dalam sistem operasi, akhirnya, ketika saya memanggil perintah "su" dan memasukkan password yang baru tadi, hasilnya memuaskan. Akun root berhasil diambil alih ;).

Selamat menikmati.


Bahan bacaan:

  1. http://debian-bits-and-snips.blogspot.co.id/2011/07/root-password-recovery.html
Sumber gambar:

Komentar

Anonim mengatakan…
I used Debian 9.0.1 Live ISO. Root password which is set during the installation does not work. I had to recover root password. You can watch the video, hope it helps: https://youtu.be/9KyNqMlQt9Y Time: 06:15 - 09:16
buitenzorg812 mengatakan…
helo anonim, thank you for the video, it helps a lot. hope others who have the same problem like we do, can watch the video

Postingan Populer