Langsung ke konten utama

SLiMS 8.3 Akasia, XAMPP, MARC, and YAZ

hakcipta logo dipegang oleh pengembang masing-masing aplikasi.

So, it happened. Malam tadi saya mencoba mengaktifkan fungsi salin katalog menggunakan layanan z3950 dan impor berkas MARC pada SLiMS 8.3 Akasia yang baru saja saya pasang dalam platform XAMPP. Ya, saya baru saja pasang ulang sistem operasi pada laptop yang saya gunakan. Saya menggunakan BlankOn X Tambora. Belum dirilis secara resmi. ISO sisop yang saya gunakan pun iso jahitan harian. Tapi tenang, sebentar lagi keliatannya BlankOn X Tambora akan rilis. Semoga. Aamiin.

Setelah selesai dengan urusan sisop, karena ini masalah pengembangan, akhirnya saya putuskan untuk menggunakan XAMPP sebagai peladen web, php, dan pangkalan data. Tujuannya supaya nggak ngegerecokin konfigurasi sistem, walaupun saya nggak ngapa2in jugak sama konfigurasi sistem. Hehehe. Biar mudah ajah sich, nggak sreg, tinggal uninstall. Remove. Selesai dan nggak pakek pusing.

Berikutnya saya coba-coba telisik apakah persyaratan untuk pasang YAZ dan MARC sudah ada di dalam XAMPP. Ternyata sudah lho. Di dalam direktori /opt/lampp/bin sudah terpasang aplikasi PECL dan PEAR yang diperlukan untuk memasang pustaka YAZ dan MARC. Kalau sudah begitu, kita tinggal pasang paket terkait supaya YAZ dan MARC bisa aktif di dalam XAMPP.

Untuk memasang aplikasi YAZ, buka terminal dan masukkan perintah berikut:

# cd /opt/lampp/bin

di dalam direktori ini, terdapat aplikasi yang kita butuhkan, PECL.

# ./pecl install yaz

Setelah kita jalankan aplikasi ini, pada mesin saya, saya menemukan galat  dengan pesan:

"Cannot find autoconf. Please check your autoconf installation and the $PHP_AUTOCONF environment variable"

Untuk mengatasi galat tersebut, silahkan pasang paket autoconf ke dalam sistem Anda. Masih di dalam terminal, masukkan perintah:

# apt install autoconf

Tunggu proses pemasangan selesai, setelah itu, masukkan perintah:

export PHP_AUTOCONF=/usr/bin/autoconf

Selesai eksekusi perintah di atas, ulangi lagi perintah instalasi yaz. Ketika mengulang perintah pemasangan yaz, proses terlihat lancar. Namun, ternyata saya masih menemukan galat dengan pesan:

"checking for yaz-config... NONE
 configure: error: YAZ not found (missing NONE)
 ERROR: '/tmp/pear/temp/yaz/configure --with-yaz' failed"

Mengatasi pesan galat tersebut, kita harus memasang paket libyaz4-dev.

# apt install libyaz4-dev

Ketika proses instalasi paket sudah selesai, kita ulang kembali proses pemasangan pustaka yaz. Pada mesin saya, setelah saya memasang kedua paket di atas, proses pemasangan pustaka yaz berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan menambahkan baris:

extension="yaz.so"

ke dalam berkas php.ini yang berada di dalam direktori /opt/lampp/etc. Setelah memodifikasi berkas php.ini, silahkan mula ulang peladen lampp Anda.

Gambar 1. Ketika layanan z3950 sudah aktif pada XAMPP
Selesai satu, kita lanjut ke langkah berikutnya. Memasang pustaka untuk mengaktifkan fungsi impor MARC. Proses pemasangan pustaka MARC ini relatif lebih mudah dan tanpa halangan. Masih pada terminal, dan di dalam direktori /opt/lampp/bin, masukkan perintah:

# ./pear install channel://pear.php.net/structures_linkedlist-0.2.2
# ./pear install channel://pear.php.net/file_marc-1.1.2

Gambar 2. Ketika impor MARC sudah aktif pada XAMPP

Sudah jadi khan? Selamat menggunakan XAMPP dan SLiMS. Oia, penggunaan XAMPP sebetulnya tidak disarankan untuk mesin produksi, karena desain XAMPP dari awal adalah untuk menyediakan platform yang terbuka bagi pengembangan. Jadi secara baku, segala setelan XAMPP bebas akses ketika komputer kita sudah terhubung ke jaringan komputer. Itu sich, apa yang ditulis di dalam situs apachefriends, terkait penggunaan XAMPP. Namun, kalo memang terpaksa menggunakan XAMPP, jangan lupa untuk mengamankan beberapa akses yang ada di XAMPP. Apa ajah? Baca-baca donq di situsnya apachefriends ;) atau kalo mau yang langsung jadi, silahkan unduh PSLiMS8 yang teman-teman bisa dapatkan di slims.web.id/goslims.

Selamat berkreasi, sobat!!!


Bahan bacaan:
  1. https://kence.org/2016/06/07/installing-yaz-for-php-on-ubuntu/
  2. https://goo.gl/ZcQymD



Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Great Raid

Udah pernah nonton film yang satu ini? Bagi penggemar film2 action terutama film2 perang dunia ke-2, anda harus nonton film ini. Film ini nyeritain tentang PDII yang terjadi di Asia Pasifik. Buat gue, film ini menambah wawasan tentang kekejaman PDII yang terjadi ngga' hanya di belahan Eropa sana (perang lawan Jerman), tapi juga di kawasan Asia-Pasifik (perang lawan Jepang), CMIIW. Perang di Asia-Pasifik juga ngga' kalah ganasnya dengan yang terjadi di Eropa. Terutama kalo ngeliat perlakuan tentara Jepang terhadap POWs (Prisoner of Wars-red). Film ini mengisahkan tentang pembebasan 500 (sebenernya 512) orang tawanan perang di Camp Cabanatuan yang telah menjadi tawanan selama 3 tahun. Operasi pembebasan ini diinisiasi oleh 6th Army Rangers Batallion, yang dipimpin oleh Letkol Henry Mucci. Untuk strategi diserahkan kepada Kapt. Robert Prince, yang kalo menurut gue, strategi penyerangan dan pembebasan yang luar biasa. Hampir ngga' ada kesalahan, bersiihhh...!!! Kesalahan yang t

Tampilan Terbagi ~ Notepad++

logo notepad++ (sumber wikipedia) Mesti dah pada paham lah, apa itu notepad++ . Ya? Pemahaman sederhana saya, notepad++ merupakan salah satu perangkat penyunting teks yang digunakan, utamanya, untuk menyunting berkas  pemrograman. Tentunya, lingkungan yang digunakan adalah lingkungan sistem operasi MS-Windows. Bisa saja digunakan untuk menyunting hal lain. Atau bahkan membuat berkas teks mandiri guna keperluan selain dari penulisan bahasa pemrograman. Saya ngga' akan menjelaskan panjang lebar tentang apa dan bagaimana aplikasi ini. Yang ingin saya tuliskan di sini hanya, bagaimana membuat tampilan terbagi ( split view ) pada notepad++. Apa guna? Bagi saya, untuk membandingkan isi dari satu skrip (pemrograman) dengan skrip yang lain. Fungsi ini saya perlukan disaat saya ingin melihat perubahan dari skrip yang saya susun (namun memiliki kutu) dengan skrip hasil perbaikan kawan saya. Mari kita mulai dengan gambar pertama. Di bagian ini, kita buka berkas yang ingin kita su

Portable SLiMS 9 Bulian: How to increase file size to upload large size attachment

Gambarnya pakek gambar lama yak 😆 Bukan bahas XAMPP koq, ini mau bahas SLiMS Portabel. Ternyata, belom banyak yang bahas bagaimana caranya meningkatkan kapasitas unggah lampiran pada SLiMS Portabel. Jadi begini, belakangan muncul pertanyaan-pertanyaan cara nambahin kapasitas berkas lampiran yang bisa diunggah kalo menggunakan SLiMS Portabel. Lho, ini jadi pertanyaan baru, bukankah metodenya sama, seperti pengguna XAMPP? Yaitu dengan mengubah variabel upload_max_filesize  dan post_max_size   dalam berkas php.ini . Pada SLiMS Portabel (SLiMS 9 Bulian), berkas tersebut ada di dalam direktori httpd/php . Gambar berkas php.ini yang akan disunting Gambar variabel post_max_size Gambar variabel upload_max_filesize "Betul, Bang. Saya sudah merubah nilai pada kedua variabel. Di SLiMS hasil perubahannya juga udah keliatan. Tapi, begitu saya upload  berkas yang ukurannya besar, tetep gagal, bang. Nggak ada berkas yang ke- upload". Nah, saya jadi penasirun kenapa bisa begitu. Lho iya! be