SLiMS 8.3 Akasia, XAMPP, MARC, and YAZ

hakcipta logo dipegang oleh pengembang masing-masing aplikasi.

So, it happened. Malam tadi saya mencoba mengaktifkan fungsi salin katalog menggunakan layanan z3950 dan impor berkas MARC pada SLiMS 8.3 Akasia yang baru saja saya pasang dalam platform XAMPP. Ya, saya baru saja pasang ulang sistem operasi pada laptop yang saya gunakan. Saya menggunakan BlankOn X Tambora. Belum dirilis secara resmi. ISO sisop yang saya gunakan pun iso jahitan harian. Tapi tenang, sebentar lagi keliatannya BlankOn X Tambora akan rilis. Semoga. Aamiin.

Setelah selesai dengan urusan sisop, karena ini masalah pengembangan, akhirnya saya putuskan untuk menggunakan XAMPP sebagai peladen web, php, dan pangkalan data. Tujuannya supaya nggak ngegerecokin konfigurasi sistem, walaupun saya nggak ngapa2in jugak sama konfigurasi sistem. Hehehe. Biar mudah ajah sich, nggak sreg, tinggal uninstall. Remove. Selesai dan nggak pakek pusing.

Berikutnya saya coba-coba telisik apakah persyaratan untuk pasang YAZ dan MARC sudah ada di dalam XAMPP. Ternyata sudah lho. Di dalam direktori /opt/lampp/bin sudah terpasang aplikasi PECL dan PEAR yang diperlukan untuk memasang pustaka YAZ dan MARC. Kalau sudah begitu, kita tinggal pasang paket terkait supaya YAZ dan MARC bisa aktif di dalam XAMPP.

Untuk memasang aplikasi YAZ, buka terminal dan masukkan perintah berikut:

# cd /opt/lampp/bin

di dalam direktori ini, terdapat aplikasi yang kita butuhkan, PECL.

# ./pecl install yaz

Setelah kita jalankan aplikasi ini, pada mesin saya, saya menemukan galat  dengan pesan:

"Cannot find autoconf. Please check your autoconf installation and the $PHP_AUTOCONF environment variable"

Untuk mengatasi galat tersebut, silahkan pasang paket autoconf ke dalam sistem Anda. Masih di dalam terminal, masukkan perintah:

# apt install autoconf

Tunggu proses pemasangan selesai, setelah itu, masukkan perintah:

export PHP_AUTOCONF=/usr/bin/autoconf

Selesai eksekusi perintah di atas, ulangi lagi perintah instalasi yaz. Ketika mengulang perintah pemasangan yaz, proses terlihat lancar. Namun, ternyata saya masih menemukan galat dengan pesan:

"checking for yaz-config... NONE
 configure: error: YAZ not found (missing NONE)
 ERROR: '/tmp/pear/temp/yaz/configure --with-yaz' failed"

Mengatasi pesan galat tersebut, kita harus memasang paket libyaz4-dev.

# apt install libyaz4-dev

Ketika proses instalasi paket sudah selesai, kita ulang kembali proses pemasangan pustaka yaz. Pada mesin saya, setelah saya memasang kedua paket di atas, proses pemasangan pustaka yaz berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan menambahkan baris:

extension="yaz.so"

ke dalam berkas php.ini yang berada di dalam direktori /opt/lampp/etc. Setelah memodifikasi berkas php.ini, silahkan mula ulang peladen lampp Anda.

Gambar 1. Ketika layanan z3950 sudah aktif pada XAMPP
Selesai satu, kita lanjut ke langkah berikutnya. Memasang pustaka untuk mengaktifkan fungsi impor MARC. Proses pemasangan pustaka MARC ini relatif lebih mudah dan tanpa halangan. Masih pada terminal, dan di dalam direktori /opt/lampp/bin, masukkan perintah:

# ./pear install channel://pear.php.net/structures_linkedlist-0.2.2
# ./pear install channel://pear.php.net/file_marc-1.1.2

Gambar 2. Ketika impor MARC sudah aktif pada XAMPP

Sudah jadi khan? Selamat menggunakan XAMPP dan SLiMS. Oia, penggunaan XAMPP sebetulnya tidak disarankan untuk mesin produksi, karena desain XAMPP dari awal adalah untuk menyediakan platform yang terbuka bagi pengembangan. Jadi secara baku, segala setelan XAMPP bebas akses ketika komputer kita sudah terhubung ke jaringan komputer. Itu sich, apa yang ditulis di dalam situs apachefriends, terkait penggunaan XAMPP. Namun, kalo memang terpaksa menggunakan XAMPP, jangan lupa untuk mengamankan beberapa akses yang ada di XAMPP. Apa ajah? Baca-baca donq di situsnya apachefriends ;) atau kalo mau yang langsung jadi, silahkan unduh PSLiMS8 yang teman-teman bisa dapatkan di slims.web.id/goslims.

Selamat berkreasi, sobat!!!


Bahan bacaan:
  1. https://kence.org/2016/06/07/installing-yaz-for-php-on-ubuntu/
  2. https://goo.gl/ZcQymD



Komentar

Postingan Populer